Press "Enter" to skip to content

Dukung Pariwisata Daerah, AP I Raih CSRxPKBL Award

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – PT Angkasa Pura I meraih penghargaan “Best PKBL for Indonesia CSRxPKBL Award 2020” kategori “Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative” pada ajang Indonesia CSRxPKBL Award 2020 “Prosperity, Humanity, and Sustainability”.

Direktur SDM dan Umum PT Angkasa Pura I Adi Nugroho mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap komitmen Angkasa Pura I dalam berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar bandara-bandara kelolaan, khususnya yang terkait pengembangan kepariwisataan. “Penghargaan ini juga merupakan salah satu alat ukur keberhasilan perusahaan dalam berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata daerah,” ujar Adi.

Angkasa Pura I berhasil meraih penghargaan pada kategori “Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative” yang berarti program tanggung jawab sosial Angkasa Pura I di bidang pariwisata dinilai cukup berkontribusi dalam pengembangan pariwisata daerah.

Seiring dengan fokus Pemerintah untuk mengembangkan industri pariwisata, Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara juga berkepentingan untuk turut berkontribusi mengembangkan destinasi pariwisata sebagai atraksi untuk menarik masyarakat datang ke destinasi tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan trafik penumpang yang melalui berbagai bandara Angkasa Pura I.

Adapun program tangung jawab sosial Angkasa Pura I yang terkait pariwisata pada 2019 dan tahun sebelumnya yaitu pembangunan toilet umum dengan standar tinggi di 6 destinasi wisata yaitu Pantai Lasiana Kupang, Pantai Pulisan Minahasa Utara, Hutan Pinus Pengger Yogyakarta, Taman Satwa Taru Jurug Surakarta, Pura Besakih Bali, dan Taman Bantimurung Maros.

Pengembangan wisata di Pantai Saifuar Adoki Biak, peningkatan sarana ekowisata Pulau Menipo, dan pembangunan ruang produksi coklat di desa wisata Bigaran.

Penilaian bagi corporate social responsibility (CSR) BUMN pada ajang penghargaan ini dilakukan menggunakan metode desk research deskriptif kuantitatif dengan menganalisis kinerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) melalui berbagai laporan yang dipublikasi.

Adapun kinerja PKBL diukur dari indikator efektivitas penyaluran dan tingkat kolektibilitas pengembalian pinjaman untuk kinerja Program Kemitraan, sedangkan indikator Program Bina Lingkungan yaitu accountability, transparency, ethical behaviour, rule of law. Kesuluruhan indikator tersebut kemudian diakumulasi menjadi indeks PKBL BUMN. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.