Press "Enter" to skip to content

TCA Bandara Soetta Hubungkan Tiga Negara Ini

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Di tengah pandemi COVID-19, Bandara Soekarno-Hatta mendukung penerbangan aman di dalam skema Travel Corridor Arrangement (TCA) antara Indonesia dengan tiga negara yaitu Uni Emirat Arab, Korea Selatan dan Tiongkok. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi penuh dalam menyiapkan fasilitas, sarana dan prasarana agar TCA berjalan lancar. “Bandara Soekarno-Hatta sebagai pintu gerbang utama negara memiliki peran penting dalam menjaga konektivitas Indonesia dengan negara lainnya, dan sejalan dengan itu PT Angkasa Pura II bersama seluruh stakeholder memastikan TCA yang diinisiasikan pemerintah dapat berjalan lancar,” kata Awaluddin seraya menjelaskan, TCA ini bertujuan untuk memfasilitasi kemudahan perjalanan khusus bisnis, ekonomi, diplomatik dan dinas.

Ia mengatakan, skema TCA antara Indonesia dan Uni Emirat Arab, Korea Selatan, dan Tiongkok selama ini berjalan lancar di bandara-bandara PT Angkasa Pura II yang ditunjuk sebagai titik masuk seperti Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu. PT Angkasa Pura II berkomitmen untuk selalu menjaga konektivitas internasional di Indonesia.

Sementara itu, TCA Indonesia – Singapura rencananya dimulai 26 Oktober 2020. Persiapan untuk skema TCA Indonesia – Singapura saat ini tengah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II bersama stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta yakni Otoritas Bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), Imigrasi, Bea Cukai, Balai Karantina, maskapai, pihak ground handling.

Awaluddin mengatakan, salah satu yang tengah disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta adalah laboratory test facilities untuk melakukan PCR test kepada para penumpang dari Singapura yang termasuk di dalam skema TCA.

Adapun alur kedatangan bagi penumpang dari Singapura adalah: traveler landing di terminal kedatangan, kemudian menuju check point clearance aplikasi e-HAC, lalu memproses imigrasi dan bea cukai, kemudian menuju check point pemeriksaan PCR test. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.