Press "Enter" to skip to content

Tebarkan Harapan Untuk Parekraf Bangkit

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dinilai Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi sektor yang paling terdampak pandemi covid-19. Namun, semangat masyarakat diharapkannya tak boleh pudar, harapan harus terus dipupuk untuk bangkit bersama melewati badai pandemi. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam diskusi virtual bersama pelaku usaha Parekraf Bandung Kamis (29/7).

Mengutip Pernyataan Barack Obama, Sandi mengatakan, cara terbaik untuk tidak merasa putus asa adalah bangkit dan melakukan sesuatu. Jangan menunggu hal-hal baik terjadi pada Anda. Jika Anda pergi keluar dan membuat beberapa hal baik terjadi, Anda akan memenuhi dunia dengan harapan, Anda akan mengisi diri Anda dengan harapan.

Oleh karena itu, lanjutnya, optimisme harus terus disampaikan, karena optimisme kini merupakan komoditas yang semakin langka. “Obama kan bilang bahwa ternyata harapan itu merupakan satu vitamin yang selalu mampu untuk membangkitkan semangat kita untuk mencari solusi bersama,” ungkap Sandiaga.

Diakuinya, peristiwa pengibaran bendera putih yang dilakukan para pelaku usaha parekraf secara serentak di sejumlah daerah pada beberapa waktu lalu itu sempat viral di media sosial. Aksi tersebut diungkapkan Sandiaga Uno merupakan bentuk aspirasi atas beragam keluhan dan kesulitan yang dialami mereka selama pandemi covid-19.

Oleh karena itu, pihaknya telah membuka Posko Bendera Putih untuk menebar semangat dan harapan mereka. Benar saja, tidak berselang lama setelah dibuka, Posko Bendera Putih diungkapkan Sandiaga Uno langsung dibanjiri lebih dari 1.700 aduan masyarakat. “Dan betul memang keluhannya beragam, dan kita sama sekali nggak bisa mengelompokkannya ini tugas ini, ini tugas itu, karena sebetulnya ini tugas bersama,” ungkap Sandiaga.

Jadi kuncinya itu adalah adaptasi, inovasi dan kolaborasi. Harus saling bergandengan tangan agar bisa melewati badai ini. Bersamaan dengan hal tersebut, pihaknya kini tengah merampungkan penyaluran bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata.

Bantuan yang sebelumnya disalurkan dalam konsep dana hibah itu dijelaskannya akan diarahkan kepada para pelaku usaha, sehingga usaha tetap dapat bertahan dan mencegah terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK). “Mudah-mudahan bisa dipercepat untuk bisa disalurkan kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang benar-benar terdampak,” ujar Sandiaga.

Jadi yang harus digarisbawahi adalah semangat, harapan di tengah tantangan. “Saya yakin kalau kita bekerjasama dan bergandengan tangan kita bisa bertahan dan bangkit,” tutupnya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.