Press "Enter" to skip to content

Mie Atep, Kuliner Legendaris Khas Belitung

Media Social Share

MENGUNJUNGI Pulau Belitung terasa tak lengkap jika belum menikmati kuliner khas daerah ini, salah satunya Mie Atep. Lokasinya yang tak jauh dari Bandara Bandara Hanandjoeddin dan terletak di pusat Kota Tanjang Pandan sangat ideal didahuli sarapan Mie Atep sebelum melakukan eksplorasi destinasi wisata lainnya. “Rasanya yahud, susah didiskripsikan,” ungkap Dudut Suhendra, salah satu anggota presstour Forwarparekraf yang melakukan eksplor destinasi wisata Belitung, 15 – 17 November 2020.

Tampilan warung Mie Atep ini terbilang sederhana. Warungnya diapit oleh deretan ruko di sebelahnya. Jika datang sendiri tanpa pemandu, anda bisa jadi kesasar, tetapi dengan bertanya kepada warga Belitung umumnya, dengan mudah mereka menunjukkan lokasi tepatnya warung Mie Atep, Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan.

Di dalam warung terdapat sejumlah meja lengkap dengan kursi plastiknya. Di atas meja terlihat jelas tanda silang menandakan pemilik warung telah menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjungnya. Sebelum masuk warung, semua pengunjung diwajibkan mencuci tangan.

Pemilik Mie Atep ini sudah membuka warungnya dari jam 09.00. Anda akan disambut seorang perempuan yang duduk di belakang meja kasir. Itulah Ny. Atep, sang pemilik warung. Di dinding warung tergantung sejumlah foto diantaranya foto politisi dan artis. Menandai Mie Atep populer di kalangan politisi dan artis.

Ny. Atep mengatakan, Mie Belitung terbuat dari mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu udang. Dalam mie ada campuran udang, potongan tahu, tauge, emping, dan timun. Kuahnya yang agak kental terasa manis dan gurih ini sungguh menggugah selera terlebih jika disantap dalam keadaan panas.

Ciri khas lainnya, kata Ny Atep, Mie Atep disajikan di atas piring dengan dilapisi daun Simpur, daun yang selintas mirip daun jati – pohon khas Belitung – menambah rasa lain dari mie lainnya di Tanah Air.

Teman makan Mie Atep ini semakin memanjakan lidah dan tenggorokan dengan Minuman Es Jeruk Kunci. Minuman khas Belitung. “Rasanya enak, dingin dan menyegarkan,” kata Dudut, yang selalul minum dingin setiap kesempatan.

Diakui Ny Atep bahwa segala teste yang berkaitan dengan segala bumbu dan resep Mie Atep Belitung didapatnya dari orang tuanya, yang memulai usaha sejak tahun 1973 ini.

Ny Atep mengatakan, Mie Atep Belitung selalu disajikan dalam keadaan fresh karena baru disiapkan setelah pembeli memesan. Mie Kuning yang ada di piring tersebut diseduh sebentar dengan air panas dan disaring. Setelah disaring kemudian diberikan lauk pelengkapnya.

Ny Atep sengaja tak menyajikan dalam versi goreng. Meski begitu, penikmat mie tak perlu khawatir, karena Mie Atep yang dibungkus daun Simpur ini tetap akan terjaga cita rasanya saat Anda ingin menyantapnya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.