Press "Enter" to skip to content

Desa Wisata Saung Ciburial, Sajikan Kenangan Masa Lalu

Media Social Share

HILANGKAN ketakutan akan Covid-19, dan cobalah berinteraksi dengan alam dan masyarakat Desa Wisata Saung Ciburial. Diyakini, anda akan menemukan kembali ketenangan jiwa sembari menyegarkan kembali ingatan akan masa lalu, masa anak-anak lewat berbagai tampilan permainan khas bocah-bocah.

Wisata Ciburial terletak di Desa Sutalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Desa ini menawarkan pengalaman hidup di pedesaan. Wisatawan dapat berbaur dengan masyarakat desa. Berbagai aktivitas khas warga desa dapat dinikmati, bisa berinteraksi disini.

Berada di dalam kawasan sumber mata air Ciburial, anda akan disambut sajian teh kewer, welcome drink – minuman tradisional khas masyarakat Desa Wisata Saung Ciburial dan sekitarnya.

Suasana bersih, asri nan sejuk khas perkampungan, dengan hamparan tanaman sayuran hijau, berderet dengan rapi di area lahan pertanian, memanjakan setiap pengunjung yang datang. “Konsepnya memang mengajak pengunjung kembali ke masa dulu nuansa asri dan alami perkampungan,” ujar Hadian Hendracahya (45), Manager Desa Wisata Ciburial saat menerima kunjungan peserta Famtrip Forwarparekraf, Kamis (29/10).

Sejak pertama kali dibuka 2010 lalu, kata Hadian, Desa Wisata Saung Ciburial langsung mendapatkan respon positif dari masyarakat. Selain potensi mata airnya yang melimpah, suasana desa yang tenang, memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung dan bermalam disini.

Selain kawasan wisata alam yang ciamik, salah satu daya tarik Desa Wisata Saung Ciburial seluas tiga hektar itu, adalah menu ragam paket bermain yang cukup menarik untuk dinikmati wisatawan.

Sebut saja kaulinan budak yang menggabungkan potensi lokal dengan kemajuan jaman saat ini. Ada pula permainan ciciripit, oray-orayan, perepet jengkol, egran dan lainnya termasuk pertunjukan pencak silat, yang membuat liburan anda menyenangkan. Semua permainan itu, akan membangkitkan kembali ingatan anda akan kehidupan masa lalu, masa anak-anak.

Sementara khusus bagi kalangan emak-emak, belajar menjadi pengrajin tas lipat, melukis di atas akar wangi hingga belajar membatik dan menjadi petani saucin di lahan pertanian, bisa menjadi tawaran menarik selama berlibur.

Sedangkan kaum adam yang doyan mancing, tiga kolam besar dengan ikan melimpah, siap menjawab kerinduan akan sambaran ikan emas, yang telah disediakan pihak pengelola.

Desa Wisata Saung Ciburial berawal dari ide untuk meningkat penghasilan dari luar desa bagi masyarakat Ciburial. Akhirnya desa wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Sukalaksana berkembang menjadi desa wisata terbaik di Garut.

Saat ini, tambah Hadian, untuk grup wisatawan disediakan juga area camping, selain penginapan 15 saung kamar. “Bila tidak memungkinkan menampung wisatawan atau ingin menginap di rumah penduduk disiapkan homestay, 70 rumah yang siap diisi wisatawan,” kata Hadian. (son)

 

Mission News Theme by Compete Themes.