Press "Enter" to skip to content

AP II Sebut, Pemulihan Penerbangan Internasional Mulai Menggeliat

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Penerbangan internasional di bandara PT Angkasa Pura II terus menggeliat memasuki periode pemulihan. “Tren pemulihan penerbangan internasional di bandara AP II dimulai pada awal tahun ini dan akan terus berlanjut hingga akhir tahun. AP II bersama stakeholder memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat konektivitas internasional guna mendorong pemulihan pariwisata dan perekonomian,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Selasa (27/9).

Awaluddin mengatakan, tren pemulihan penerbangan internasional dimulai pada awal 2022, menyusul pemulihan rute domestik yang sudah terjadi sejak Kuartal IV/2021. Pada periode Januari – Agustus 2022 (8 bulan) jumlah pergerakan penumpang rute internasional di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat 3,84 juta penumpang atau sudah mencapai 99% dari realisasi penumpang rute internasional Januari – Desember 2021 (12 bulan) sebanyak 3,87 juta penumpang.

Sementara itu pergerakan pesawat pada Januari – Agustus 2022 mencapai 321.112 penerbangan atau mencapai tingkat pemulihan (recovery rate) sebesar 43% dari kondisi pada 2019 saat belum ada pandemi sebanyak 738.896 penerbangan. “Pemulihan penerbangan internasional pada tahun ini sejalan dengan dibukanya kembali secara bertahap sejumlah bandara AP II sebagai entry point (pintu masuk) perjalanan luar negeri oleh regulator,” jelas Awaluddin.

Adapun Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran Nomor 88/2022 yang diantaranya mengatur mengenai ketentuan pintu masuk (entry point) perjalanan luar negeri. Dari 15 bandara yang ditetapkan sebagai entry point, ada 6 bandara AP II yakni Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Kualanamu (Sumatera Utara), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Sumatera Barat), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Riau) dan Bandara Kertajati (Jawa Barat).

Rute Internasional

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara yang selalu dibuka untuk penerbangan internasional di tengah pandemi. Jumlah pergerakan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta pada Januari – Agustus 2022 tercatat mencapai 3,56 juta penumpang.

Sepanjang Semester I/2022 jumlah rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 100 rute internasional yang didominasi penerbangan repatriasi dan terkait penanganan COVID-19, di antaranya adalah 28 rute penerbangan dari dan ke Asia Tenggara, 17 rute dari dan ke Asia Timur, 8 rute dari dan ke Timur Tengah, 9 rute dari dan ke Eropa, 13 rute dari dan Asia Selatan dan juga terdapat penerbangan dari dan ke Amerika Selatan dan Afrika.

EGM Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi menuturkan penerbangan rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 2020-2021 didominasi penerbangan repatriasi, perjalanan mendesak dan terkait penanganan COVID-19. “Pada 2022, rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta masih untuk penerbangan repatriasi, kepulangan WNI, penanganan COVID-19, dan mulai ada perjalanan wisata dan bisnis,” ujar Agus Haryadi.

Agus Haryadi menuturkan Bandara Soekarno-Hatta memastikan kelancaran penerbangan internasional dengan menerapkan protokol kesehatan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.