Press "Enter" to skip to content

11 Kepala Daerah Bahas Pengembangan Sektor Parekraf

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, kembali mengundang sejumlah kepala daerah untuk mendengar berbagai program serta kendala yang dihadapi di wilayah masing-masing dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pertemuan ini merupakan yang ketiga kalinya. Tujuannya agar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dapat bersinergi untuk menggeliatkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang melemah akibat pandemi COVID-19.

Para Bupati berkesempatan untuk memaparkan berbagai program unggulan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Mulai dari segi atraksi wisata yang dihadirkan, amenitas, serta aksesibilitasnya.

Secara umum para kepala daerah berharap Menparekraf dapat memberikan bantuan untuk meningkatkan kompetensi SDM bagi para pelaku usaha, pendampingan untuk desa wisata, pelaksanaan event, serta dukungan promosi dan pemasarannya.

Menanggapi hal tersebut, Menparekraf Sandiaga memberikan beberapa arahan. Pertama, tiap kepala daerah diharapkan dapat membuat narasi yang positif dan menunjukkan nilai-nilai optimisme bahwa sektor pariwisata akan bangkit kembali.

Kedua, Menparekraf menjelaskan desa wisata merupakan program unggulan Kemenparekraf/Baparekraf ke depan. Untuk itu, Kepala Daerah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM serta mengidentifikasi berbagai potensi yang ada. Supaya bisa beralih dari desa rintisan menjadi desa wisata mandiri.

Sesuai RPJMN 2020 – 2024, Kemenparekraf/Baparekraf menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024. Dari 244 desa wisata, sebanyak 150 desa wisata berada di 5 Destinasi Super Prioritas dan akan diperluas.

Ia juga mendorong Kepala Daerah untuk beradaptasi dengan digitalisasi, sehingga dapat menghasilkan produk wisata berbasis teknologi digital seperti yang disampaikan Bupati Sumedang. “Terakhir, saya sampaikan bahwa Kemenparekraf menyatakan dengan tegas akan berkoordinasi untuk memulihkan sektor pariwisata dan membangkitkan ekonomi kreatif. Karena bangkitnya pariwisata adalah pulihnya ekonomi bangsa,” tegas Menparekraf. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.