Press "Enter" to skip to content

Seperti Bandara, Terminal Tangkoko Diresmikan

Media Social Share

BITUNG, BISNISJAKARTA.ID – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi yang didampingi oleh Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah meresmikan Terminal Tongkoko – Bitung, Sabtu (10/4). Berada di terminal ini, yang terbayangkan sedang berada di sebuah bangunan bandara.

Melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII Provinsi Sulawesi Utara, Ditjen Hubdat melakukan sejumlah pembenahan di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung untuk mewujudkan kondisi “Terminal Serasa Bandara” tersebut. “Pada prinsipnya kehadiran Pemerintah adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semenjak 2018, sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat yaitu Kemenhub. Pada hari ini kita meresmikan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung sebagai “Terminal Serasa Bandara”. Menurut saya ini memang sudah seperti bandara,” kata Dirjen Budi dalam sambutannya di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung.

Menurutnya, terminal memang tidak perlu terlalu besar tapi yang terpenting fasilitas dan pelayanannya dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. “Kalau membangun terlalu luas memang akan boros anggaran sementara APBN terbatas. Saat ini kami membuat skema-skema kerjasama untuk terminal sehingga dapat dikerjasamakan dengan pihak swasta,” jelasnya lagi.

Dalam penjelasannya tersebut ia juga menjelaskan bahwa berikutnya sangat terbuka sekali dengan konsep terminal, sehingga tidak hanya sebagai tempat naik turunnya penumpang saja tapi juga harus memberikan efek ekonomi. “Menurut saya untuk wilayah Indonesia Timur, khususnya Sulawesi yang terbagus terminalnya memang di Tangkoko. Selamat kepada masyarakat di Bitung karena sudah memiliki terminal yang serasa bandara,” ujar Dirjen Budi.

Di saat yang sama, Kepala BPTD Wilayah XXII Sulawesi Utara, Renhard Ronald menyatakan bahwa dalam mewujudkan pelayanan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung yang prima dan lebih baik, pihaknya telah mengupayakan beberapa fasilitas seperti bandara. “BPTD Sulawesi Utara telah mengupayakan pengadaan beberapa fasilitas-fasilitas pelayanan seperti yang ada di bandara, antara lain seperti ruang tunggu berpendingin udara yang dilengkapi dengan tenant seperti makanan dan penjual UMKM, ruang kesehatan dan laktasi, fasilitas difabel, ATM gallery, photo booth, mesin antrian, mesin survey kepuasan masyarakat, free wifi dan port charger, voice direction/ announcement, dan fasilitas protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Renhard.

Renhard menjabarkan juga adanya beberapa kerajinan kesenian yang semakin mdnambah keindahan di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung dengan adanya lumosan mural pada tembok terminal, art gallery di dalam terminal karya seniman lokal, serta tulisan filosofi “SI TOU TIMOU TUMOU TOU” yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan orang lain. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.