Press "Enter" to skip to content

Sejumlah Lampu PJU di Kelurahan Karang Dapo Tak Berfungsi

Media Social Share

KARANG DAPO, BISNISJAKARTA.ID – Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kelurahan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara – Sumsel tak berfungsi dalam kurun waktu cukup lama. Selain lampunya mati, sejumlah propertinya turut rusak, seperti besi penyangganya patah dan bolamnya hilang.

Dari pengamatan, hanya beberapa titik yang menyala normal pada malam hari, selebihnya berpuluh-puluh tahun dibiarkan mati tak menyala tanpa diketahui penyebabnya. Sepertinya, lampu PJU terpasang hanya untuk memenuhi syarat bahwa “proyek” sudah selesai.

Masyarakat Karang Dapo sudah malas untuk melapor, karena sudah terbiasa hidup dalam kondisi gelap gulita. “Sudah malas melapor dan sudah apriori karena laporan tak pernah ditanggapi,” ungkap warga yang tak ingin disebutkan namanya.

Kerusak tampak pada properti seperti besi penyangga yang patah karena dibuat seadanya tanpa kajian. Untuk ukuran rumahan lampu sebesar itu, seharusnya PLN lebih proporsional agar pipa tidak patah baik karena korosi maupun akibat faktor alam. Begitu pula dalam pembuatannya, seharusnya pipa penyangga tidak ditekuk tetapi dibuat melengkung untuk mengurangi resiko patah akibat korosi.

Sementara Camat Karang Dapo Supawi yang ditemui usai sholat Shubuh berjemaah di Mushollah Al Mujtahidin berharap, bersamaan dengan upaya memperbaiki infrastruktur dan jaringan, lampu-lampu PJU yang tak menyala atau rusak itu diperbaiki. “Dalam waktu dekat ini PLN akan menambah daya dan memperbaiki jaringan,” kata salah satu Alumnus SMP Ampera ini.

Terkait dengan rencana perbaikan jaringan, Sapawi berharap, masyarakat secara iklas dan merelakan pohon durian atau duku maupun pohon lainnya yang secara teknis mengganggu jaringan untuk dipotong atau ditebang demi jaminan keamanan jaringan kabel listrik. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.