Press "Enter" to skip to content

Operator Kapal Dapat Tambahan Trayek Baru, Simak Rinciannya

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Pemerintah meningkatkan pelayanan publik Kapal Perintis, Kapal Barang Tol Laut, Kapal Khusus Angkutan Ternak dan Kapal Rede Tahun Anggaran 2022 melalui sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder. Komitmen tersebut ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama yang berlangsung di Jakarta, Kamis (30/12).

Kerjasama ini merupakan bentuk kesiapan dan komitmen pemerintah bersama para stakeholder dalam eksistensi Negara untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya konektikvitas, mobilitas barang dan orang pada Tahun 2022.

Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik angkutan laut yang meliputi kapal perintis, kapal barang tol laut, kapal khusus angkutan ternak dan kapal rede dilaksanakan dalam rangka melayani dan mempermudah mobilitas atau distribusi muatan.

Secara umum, layanan angkutan laut menentukan konektivitas wilayah khususnya di negara kepulauan seperti Indonesia, sedangkan setiap jenis angkutan laut memiliki penekanan-penekanan harapan atau tujuan dalam pelaksanaannya.

Angkutan laut kapal perintis diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah terutama pada daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP) serta menjadi promote the trade dan memicu pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, kegiatan kapal khusus angkutan ternak juga telah terselenggara sejak tahun 2015 yang bertujuan untuk menjamin kesejahteraan hewan di atas kapal (animal welfare), menjamin terpenuhinya pasokan daging di daerah-daerah sentra konsumsi serta dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Sementara untuk kegiatan kapal rede terselenggara semenjak tahun 2017 yang bertujuan sebagai kapal feeder atau penghubung menuju pelabuhan-pelabuhan atau tempat-tempat yang tidak dapat disinggahi oleh kapal utama dikarenakan fasilitas pelabuhan yang belum lengkap, serta kedalaman alur dan kolam pelabuhan yang dangkal.

Sebagai informasi, rincian kegiatan penyelenggaraan kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Laut Tahun Anggaran 2022 adalah Penyelenggaraan Kapal Perintis sebanyak 117 Trayek dengan rincian Penugasan kepada PT. PELNI 44 trayek dan Pelelangan umum kepada operator swasta sebanyak 73 trayek. Penyelenggaraan Kapal Barang Tol Laut sebanyak 35 Trayek dengan rincian Penugasan yaitu 20 trayek (PT. PELNI sebanyak 10 trayek, PT. ASDP sebanyak 5 trayek dan PT. Djakarta Lloyd sebanyak 5 trayek) dan Pelelangan umum kepada operator swasta sebanyak 15 trayek.

Penyelenggaraan Kapal Khusus Angkutan Ternak sebanyak 6 Trayek dengan rincian Penugasan sebanyak 2 trayek (PT. PELNI aebanyak 1 trayek dan PT. ASDP sebanyak1 trayek) dan Pelelangan umum kepada operator swasta swbanyak 4 trayek.

Sementara Penyelenggaraan Kapal Rede sebanyak 16 Trayek melalui Penugasan kepada PT. PELNI sebanyak 16 trayek. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.