Press "Enter" to skip to content

KMP Panorama Nusantara Layani Rute Patimban-Makassar

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – PT ASDP Indonesia Ferry secara resmi mengoperasikan layanan ferry jarak jauh (long distance ferry/LDF) dengan rute Patimban – Makassar yang akan dilayani dengan KMP Panorama Nusantara. Pengoperasian lintasan LDF dari Pelabuhan Patimban,Subang menuju Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar ini merupakan lintasan LDF kelima yang dilayani ASDP setelah lintasan Surabaya-Lembar, Jakarta-Surabaya, Patimban-Panjang dan Ketapang-Lembar.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, pengoperasian rute LDF Patimban-Makassar ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif rute bagi jalur angkutan barang yang akan memperkuat sektor logistik di Pulau Jawa dan Sulawesi. “Hadirnya layanan LDF melalui Pelabuhan Patimban sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah yang diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Pulau Jawa tetapi juga secara nasional,” tutur Ira.

Rencananya, lintasan LDF Patimban-Makassar sejauh 708 NM dengan waktu tempuh pelayaran 70 jam ini akan dilayani oleh KMP Panorama Nusantara milik PT Jembatan Nusantara yang saat ini tengah menjalani kerja sama usaha pengoperasian kapal dengan ASDP. KMP Panorama Nusantara memiliki spesifikasi teknis berukuran 7.965 GT, dengan panjang Kapal (LOA) 125,60 meter, dan lebar kapal 19,6 meter dengan kapasitas angkut 150 unit kendaraan campuran.

Pada pelayaran perdana Patimban-Makassar pada Sabtu (6/11) KMP Panorama Nusantara memuat total 76 unit kendaraan yang terdiri dari golongan IVA hingga golongan VII. Kapal  berangkat dari Patimban tujuan Makassar pada pukul 05.00 wib dan tiba di Makassar pada hari Rabu (10/11) pukul 04.00 Wita.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyambut baik atas Pelayaran Perdana Long Distance Ferry (LDF) rute Patimban-Makassar, KMP Panorama Nusantara. “Dengan hadirnya LDF Patimban-Makassar ini kami berharap para pengguna jasa juga lebih nyaman dengan kehadiran rute baru tersebut serta fasilitas-fasilitas yang diberikan seperti ruang untuk sopir yang ber AC serta makan 3 kali sehari. Jadwal layanan LDF Patimban-Makassar tersedia sebanyak 7 trip per bulan sehingga saya berharap para pengguna jasa dapat memperoleh kepastian jadwal dalam memakai layanan yang disediakan oleh ASDP ini,” demikian disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat  Budi.

Pelabuhan Patimban berada di wilayah strategis dan dekat dengan pusat sektor otomotif nasional, serta kapasitas terminal Pelabuhan Patimban di Fase 1-1 mencapai 218.000 CBU/tahun dan 250.000 TEUs per tahun. Saat ini, Pelabuhan Patimban yang berada di wilayah Subang, Jawa Barat telah melayani layanan sektor logistik yang didominasi pengiriman domestik usaha otomotif ke Batam dan Belawan, dan layanan ferry jarak jauh (LDF) dengan rute Patimban – Panjang, Patimban – Pontianak, Patimban – Banjarmasin dan kini melayani Patimban – Makassar. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.