Press "Enter" to skip to content

KM Kendhaga Nusantara 8 Dioperasikan Sebagai Tol Laut

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) kembali dipercaya Pemerintah untuk kembali dapat mengoperasikan kapal barang yaitu KM Kendhaga Nusantara 8. Kapal barang ini telah diserahterimakan kepada PT Pelni di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu (9/1).

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Masrul Khalimi mengatakan, kepercayaan ini sebuah amanah yang harus dijaga agar dapat menjalankan kapal ini supaya dapat mendukung konektivitas laut di Indonesia. Masrul juga menyampaikan bahwa pengoperasian kapal barang ini juga sejalan dengan visi Perusahaan, yaitu Menjadi Perusahaan Logistik Maritim Terkemuka.

KM Kendhaga Nusantara 8 yang dioperatori oleh PT PELNI ini memiliki kapasitas untuk dapat mengangkut muatan maksimal sebesar 65 TEUs atau maksimal sebanyak 30-40 container dalam satu kali perjalanan. Perusahaan memproyeksikan untuk tahun 2021 KM Kendhaga Nusantara 8 ini dapat mengangkut total muatan hingga 1.015 TEUs. “Kami prediksikan untuk tahun 2021 ini, KM Kendhaga Nusantara 8 ini dapat untuk mengangkut sekitar 1.015 TEUs,” ujar Masrul.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.