Press "Enter" to skip to content

Keagenan Kapal Asing Dilayani Secara Digital

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. TANGERANG – Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut telah melakukan inovasi melalui digitalisasi pelayanan, diantaranya melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut (SIMLALA) yang memberikan pelayanan diantaranya Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA), Persetujuan Pengoperasian Kapal Nasional (PPKN), Deviasi Pengoperasian Kapal Nasional ke Luar Negeri, Certificate of Representative (COR) dan Status Liner. Demikian dikatakan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Angkutan Laut Luar Negeri Yudhonur Setyaji pada acara Sosialisasi Keagenan Kapal Asing di Tangerang, Selasa (10/11).

Yudho mengungkapkan, berdasarkan data SIMLALA, pelayanan PKKA pada tahun 2018 sebanyak 38.562, pada tahun 2019 mengalami kenaikan 0,9% menjadi sebanyak 38.900, dan menurun 24% pada tahun 2020 menjadi 29.600.

Sedangkan untuk PPKN pada tahun 2018 adalah sebanyak 5.339, pada tahun 2019 mengalami penurunan 0,09% menjadi sebanyak 5.338 dan menurun 17% pada tahun 2020 menjadi 4.405.

Disamping itu, terkait pelayanan deviasi pengoperasian Kapal nasional ke luar negeri, pada tahun 2018 adalah sebanyak 2021, pada tahun 2019 mengalami kenaikan sebesar 9,5% menjadi sebanyak 2.215 dan menurun 23% pada tahun 2020 menjadi 1.710.

Selanjutnya, untuk pelayanan Certificate of Representativestabil sejak tahun 2018 hingga 2020 sebanyak 1 permohonan per tahun. Pelayanan Status Liner pada tahun 2018 adalah sebanyak 188 permohonan, pada tahun 2019 mengalami kenaikan 55% menjadi sebanyak 291 dan pada tahun 2020 mengalami kenaikan 9,6% menjadi sebanyak 319 permohonan.

Oleh karena itu, dalam rangka optimalisasi pelayanan, Yudho mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu Ditjen Hubla telah mendelegasikan penerbitan PKKA di _Anchorage area_ (area labuh jangkar) di Kepulauan Riau yang kepada KSOP Khusus Batam dan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan seiring berjalannya waktu, beberapa pengembangan dan penyempurnaan tetap dan terus dilakukan untuk peningkatan pelayanan menjadi lebih maksimal.

Berkaitan dengan hal tersebut, kata Dia, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut merasa perlu untuk menyelenggarakan acara sosialisasi ini agar para Perusahaan Pelayaran dan Perusahaan Keagenan Kapal pada khususnya, dapat lebih memahami aturan-aturan dalam proses keagenan kapal, khususnya kapal asing.

Di akhir kesempatan, Yudho berharap dengan pemahaman terkait aturan dan kebijakan yang berlaku, dapat meminimalkan kesalahan-kesalahan input dan upload data di SIMLALA, serta pemenuhan kapal-kapal bendera Indonesia terhadap aturan internasional untuk tujuan keselamatan pelayaran. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.