Press "Enter" to skip to content

Ini Alasan Traveler Makin Percaya Diri Naik Pesawat

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. TANGERANG – Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta perlahan kembali pulih di masa adaptasi kebiasaan baru, di mana optimalisasi slot time penerbangan telah mencapai berkisar 40% hingga 45%.

Guna mengetahui alasan apa yang memutuskan traveler mau melakukan perjalanan dengan pesawat pada periode libur panjang ini, PT Angkasa Pura II melakukan survei dan analisis terhadap traveler di Bandara Soekarno-Hatta, 20 Agustus 2020.

Survei menggunakan dipstick survey yang merupakan metode dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan informasi secara cepat mengenai isu tertentu dari responden (240 orang traveler di Bandara Soekarno-Hatta) yang dipilih secara acak. Adapun responden pada survei ini berusia kurang dari 20 tahun hingga 49 tahun.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan survei cepat ini juga dapat menggambarkan apa yang mendorong lalu lintas penerbangan mulai pulih kembali. “Hasil survei ini juga dapat menjadi tolok ukur mengenai sejauh kebutuhan dan pengetahuan traveler terhadap protokol kesehatan di bandara dan sektor penerbangan,” jelas Awaluddin.

Hasil survei terhadap responden (traveler) di Bandara Soekarno-Hatta terungkap, 1. 51% responden paham & 49% responden sangat paham terhadap protokol kesehatan. 2. 67% responden nyaman & 26% sangat nyaman dengan layanan dan fasilitas di bandara. 3. 64% responden yakin &  27% responden sangat yakin terhadap tingkat keamanan penerbangan. 4. 65% responden yakin & 25% responden sangat yakin terhadap tingkat keamanan di pesawat.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B. Prawiraatmadja mengatakan Safe Travel Campaign dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap penerbangan nasional. “Di Soekarno-Hatta, jumlah traffic atau pergerakan pesawatnya sudah menembus angka target psikologis kami di 500 pergerakan per hari. Artinya masyarakat sudah percaya diri lagi untuk terbang, karena mendapatkan informasi yang benar terkait standar kesehatan dan keselamatan penerbangan,” jelasnya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.