Press "Enter" to skip to content

Dukung MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Pelabuhan Gili Mas

Media Social Share

LOMBOK, BISNISJAKARTA.ID – Kementerian Perhubungan siap mendukung gelaran MotoGP seri Indonesia yang akan dilaksanakan di Mandalika, 18-20 Maret 2022. Dukungan dalam bentuk menyiapkan sarana transportasi laut di Pelabuhan Lembar khususnya Terminal Penumpang Gili Mas.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar R Pradigdo mengatakan pihaknya bersama PT Pelindo telah melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas. Hal ini dilakukan untuk melakukan peningkatakan pelayanan serta fasilitas untuk kapal berstandar pariwisata termasuk Kapal Pesiar. “Luas dermaga 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang, jadi terminal ini sudah cukup luas dan memadai,” ujarnya.

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona yaitu Zona Petikemas dengan luas 6,06 Ha, Zona Logistik 1,18 Ha, Zona Perkantoran dan Bisnis Perdagangan  2,95 Ha, Zona Pariwisata / Marina 0,37 Ha, Zona Utilitas 0,83 Ha, Zona Pemerintah  0,5 Ha, Draft Alur & Kolam  – 12 mLWS dan Kapasitas Kontainer 1900 Teus.

Pradigdo mengungkapkan, saat ini di Pelabuhan Lembar sudah mulai sandar beberapa kapal berstandar pariwisata. Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan  Surabaya – Lembar dan sebaliknya.

Menurut info yang dia peroleh dari para pengusaha saat ini sudah mulai ramai bookingan untuk bulan Maret nanti untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok. “Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai,” ujarnya.

Pradigdo menjelaskan hal ini merupakan kemajuan di sektor transportasi laut di wilayah tersebut. Sebab selama masa pandemi jumlah penumpang menurun drastis. Dengan adanya gelaran WSBK dan MotoGP di Mandalika ini turut memberikan dampak positif bagi sektor transportasi termasuk transportasi laut. “Gaung MotoGP sudah mulai kelihatan sejak jauh hari dan sudah disiapkan sarananya. Harapannya ketika animo masyarakat khususnya dari Pulau Jawa meningkat, kita sudah siap dari segi angkutannya,” tutupnya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.