Press "Enter" to skip to content

Dampak Pandemi Covid-19, ASDP Alami Potensial Lost Capai 40 Persen

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspdewi merasa bersyukur bahwa lintas penyeberangan tidak terlalu terdampak pandemi Covid-19 dibandingkan sektor transportasi lainnya. Bahkan diharapkan, nantinya perseroan dapat menghitung laba. Hal tersebut diungkapkan Ira Puspadewi saat media gathering di Jakarta, Senin (14/12).

Ira mengatakan, jika tahun lalu ASDP mengantongi laba mencapai Rp 300,18 milyar, dan tahun ini diperkirakan mengalami penurunan sekitar 40 persen. Keuntungan yang diperoleh bersumber dari layanan logistik.

Seiring dengan penurunan pendapatan atau laba perusahaan, Ira mengatakan, pihaknya akan melakukan tiga langkah yang dianggap prioritas antara lain melakukan investasi yang memungkinkan mendapat hasil secara langsung, dan efisiensi perusahaan.

Menghadapi Liburan Nataru, Ira memprediksi jumlah penumpang turun sekitar 39,4% dibandingkan periode sama tahun lalu. Diprediksi jumlah penumpang mencapai 2.179.000 dengan 15.700 trip.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat mengalami penurunan 21% dan sepeda motor 38,4%.

Penurunan jumlah penumpang menurutnya diprediksi dari 11 layanan lintasan ASDP di mana dua pelabuhan tersibuk masih dikuasai di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Sebanyak 206 kapal disiapkan untuk seluruh lintasan yang dilayani ASDP pada angkutan Nataru.

Ira Puspadewi menambahkan, pihaknya menyiapkan pelayanan dengan semaksimal mungkin. Prediksi puncak penumpang H-3 dan H-4 libur Nataru dan arus balik H+7 dan H+11 untuk sepeda motor.  “Untuk meningkatkan layanan, kami mengoptimalkan pembelian tiket online Ferizy,” kata Ira. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.