Press "Enter" to skip to content

BPSDMP – KAI Sepakat, Siapkan SDM Profesional Perkeretaapian

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalin kerja sama untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Perkeretaapian. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Kepala BPSDMP Sugihardjo dan Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo di Jakarta, Rabu (23/9).

Sugihardjo mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi dalam menyediakan sumber daya manusia bidang perkeretapian untuk terwujudnya transportasi perkeretapian yang selamat dan aman bagi seluruh masyarakat.

Sugihardjo mengatakan, kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu bentuk link and match dalam penyelenggaraan diklat di BPSDMP, serta dalam rangka menyiapkan SDM untuk mampu bersaing dalam persaingan global serta mampu meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat meningkatkan daya saing pada industrinya.

BPSDM Perhubungan sebagai lembaga pendidikan, perlu melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas lulusan, agar kebutuhan SDM transportasi yang kompeten dapat terpenuhi. Untuk itu, kerja sama ini merupakan hal penting agar terwujudnya sinergi dan kolaborasi antara penyelenggara pendidikan dan pelatihan dengan industri transportasi.

Sugihardjo juga menyampaikan bahwa BPSDMP saat ini memiliki 2 (dua) sekolah transportasi yang memiliki program studi perkeretaapian yaitu Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) dan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun.

Direktur Utama PT KAI Didiek mengungkapkan, kerja sama ini merupakan bentuk sinergi dan komitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia, khususnya di bidang perkeretaapian.

Didiek menuturkan, sampai saat ini PT KAI telah melakukan perekrutan dari lulusan sekolah BPSDMP, dan membuka kesempatan untuk fasilitas magang bagi peserta didik di lingkungan BPSDMP. Selain itu, juga terbuka untuk diminta sebagai narasumber kuliah umum di bidang perkeretaapian dan leadership untuk memberikan wacana bagi peserta diklat.

Dalam ruang lingkup kerja sama ini, yaitu terkait pemanfaatan fasilitas pendidikan dan pelatihan, Didiek menjelaskan bahwa PT KAI memiliki Balai Yasa dan Depo yang juga terbuka bila dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi peserta didik di sekolah di lingkungan BPSDMP. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.