Press "Enter" to skip to content

Begini Cara Kemenhub Apresiasi Pengemudi dan Operator Angkutan

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Sebagai wujud apresiasi Pemerintah kepada pengemudi angkutan orang dan barang serta para operator sebagai pelaku usaha transportasi yang memiliki peran vital dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kembali menyelenggarakan acara Penganugerahan Wahana Adhigana dan Pemilihan Abdi Yasa Tingkat Nasional Tahun 2020 di Jakarta, Senin (14/12).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, perlu diketahui penyelenggaraan kegiatan penganugerahan Abdi Yasa terbaik nasional ini memang dilaksanakan setiap tahunnya, pada dasarnya bertujuan untuk menyejajarkan insan pengemudi angkutan umum dengan insan pembangunan lainnya agar dapat mengubah sikap serta perilaku pengemudi menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab sekaligus mempersiapkan pengemudi angkutan orang dan barang yang profesional dan berkualitas.

Dirjen Budi menegaskan, pengemudi adalah sebuah profesi, seorang pengemudi juga harus memiliki kemampuan secara teknis mengendarai kendaraan. Namun yang paling penting selain kemampuan secara teknis juga perlunya meningkatkan kualitas maupun perilaku para pengemudi agar para pengemudi bangga dengan profesinya.

Di sisi lain bersamaan dengan penganugerahan Abdi Yasa, Kemenhub juga memberikan penganugerahan Wahana Adhigana kepada para operator angkutan orang maupun barang sebagai bentuk apresiasi serta mendorong semangat untuk menciptakan penyelenggaraan pelayanan angkutan yang aman, selamat, tertib, sehat, bersih, dan humanis.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan, Ahmad Yani dalam laporannya mengatakan, penghargaan Wahana Adhigana Tahun 2020 ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kepada perusahaan angkutan umum yang telah memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.

Ada pun dalam mekanisme penilaian pemilihan Wahana Adhigana tahun 2020 ini, tim penilai menilai dari aspek administrasi, teknis, operasional, kepengusahaan, dan sumber daya manusia. “Dari jumlah keseluruhan sebanyak 20 orang pengemudi  angkutan barang, 24 orang pengemudi angkutan orang, 11 perusahaan angkutan barang yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu perusahaan kecil, perusahaan sedang, dan perusahaan besar, perusahaan angkutan orang yang terdiri dari 65 perusahaan AKAP ekonomi dan non ekonomi, serta 67 perusahaan pariwisata yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu perusahaan kecil, perusahaan sedang dan perusahaan besar,” jelas Yani.

Lebih lanjut lagi, Ahmad Yani menambahkan dalam proses penganugerahan ini turut serta para penilai dari instansi lainnya yakni KORLANTAS POLRI, KNKT, Jasa Raharja, dan pakar transportasi.

Dengan adanya acara ini, Dirjen Budi juga berharap agar ke depannya pelayanan angkutan umum di Indonesia menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga semakin banyak pengguna kendaraan pribadi yang beralih ke angkutan umum. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.