Press "Enter" to skip to content

AP II – Changi Airport Group Jajaki Akselerasi Pemulihan Penerbangan

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – PT Angkasa Pura II dan Changi Airport Group kembali menggelar pertemuan kedua di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, setelah pertemuan pertama yang digelar di Singapura, 16 Juni 2022. Pertemuan kedua dilakukan di Kantor Pusat AP II, dihadiri antara lain oleh President Director AP II Muhammad Awaluddin dan CEO Changi Airport Group Lee Seow Hiang.

Awaluddin, mengatakan AP II dan Changi Airport Group saat ini memiliki tujuan sama yakni mengakselerasi pemulihan sektor penerbangan yang terkena dampak hebat pandemi COVID-19. “AP II dan Changi Airport Group sebagai dua operator bandara terbesar di kawasan Asean tengah mengeksplorasi kerja sama sehingga kami dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pemulihan penerbangan, baik itu di Indonesia maupun Asia Tenggara,” ujar Awaluddin.

Awaluddin juga menyampaikan bahwa AP II saat ini tengah mendorong pemulihan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak di bandara-bandara yang dikelola perseroan termasuk Bandara Soekarno-Hatta. “Pemulihan penerbangan di bandara-bandara AP II berjalan dengan baik. Recovery rate di Bandara Soekarno-Hatta bahkan saat ini telah mencapai sekitar 82%, dengan kata lain lalu lintas penerbangan sudah sekitar 82% dari 2019 saat belum ada pandemi,” ungkap Awaluddin.

Adapun di dalam pertemuan tersebut, AP II dan Changi Airport Group mengeksplorasi tiga aspek untuk dikerjasamakan, yaitu Sinergi pengembangan pariwisata, Sinergi penerapan Airport Collaborative Decision Making (ACDM) antara Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi, dan Optimalisasi penerbangan.

CEO Changi Airport Group Lee Seow Hiang menuturkan Bandara Changi dan Bandara Soekarno-Hatta merupakan rekanan yang jika bersinergi maka akan memiliki sistem yang besar.

Apabila Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi dapat bersinergi terkait operasional penerbangan salah satunya melalui ACDM maka kedua bandara dapat melakukan perencanaan dengan baik semisal dalam menghadapi keterlambatan penerbangan (delay). “Jika kita bersama-sama, maka kita punya sistem yang besar,” ujar Lee Seow Hiang.

Awaluddin menambahkan, pertemuan kedua antara AP II dan Changi Airport Group ini akan ditindaklanjuti dengan membentuk tim bersama di antara kedua operator bandara, sehingga tujuan mengakselerasi pemulihan penerbangan dapat tercapai. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.