Press "Enter" to skip to content

5 UPT Wilayah Kalijapat Jakarta Gelar Padat Karya

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Dalam rangka meningkatkan kenyamanan, keamanan dan kesehatan lingkungan kerja khususnya pada Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah Kalijapat Jakarta, Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Padat Karya.

Kegiatan Padat Karya kali ini secara serentak dilaksanakan oleh 5 (lima) UPT Ditjen Hubla di wilayah Kalijapat di hadiri oleh Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan dan Anggota DPD Dapil Provinsi DKI Jakarta, Fahira Idris sebagai Mitra Kerja Kementerian Perhubungan.

Adapun ke lima UPT Ditjen Hubla dimaksud yakni  Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok,  Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kepulauan Seribu.

Kegiatan ini melibatkan  peserta sebanyak 130 orang yang berasal dari Kelurahan Tanjung Priok, Kelurahan Sungai Bambu, Kelurahan Warakas, dan Keluarahan Pademangan Barat.

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan mengatakan, kegiatan padat karya kali ini merupakan pekerjaan yang bersifat bakti-pengabdian dimana 5 (lima) UPT Ditjen Hubla secara bersama-sama bersinergi dan bekerjasama untuk memperbaiki segala sesuatu yang terkait dengan kenyamanan, keamanan dan kesehatan lingkungan kerja yang ada di wilayah kerja masing-masing.

“Selain itu, program padat karya ini merupakan solusi  untuk mengurangi pengangguran, membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat dari Pandemi Covid-19 yang dilaksanakan oleh UPT Ditjen Hubla seperti Distrik Navigasi Kelas I Tg. Priok serta Unit Pelaksana Teknis di wilayah atau lingkungan Kalijapat” kata Hengki.

Menurut Hengki, Pemerintah menyadari bahwa bahwa dampak dari Pandemi Covid-19 ini sangatlah besar, penyebaran virus Covid-19 telah menghambat kegiatan perekonomian nasional dan dampaknya terhadap tingkat kesejahteraan sosial semakin dirasakan masyarakat.

Terkait dengan hal ini, maka sebagai bentuk kepedulian Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terhadap masyarakat sekitar yang terkena dampak dari pandemik Covid-19, maka melalui 5 (lima) UPT Ditjen Hubla di wilayah Kalijapat yakni Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran (BTKP), Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), Pangkalan PLP Kelas I Tg. Priok dan Kantor Keysahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kepulauan Seribu bersepakat untuk melaksanakan kegiatan padat karya sesuai wilayah kerja  masing-masing. “Sedangkan untuk pekerjaan Padat Karya kali ini sebagian besar difokuskan pada pembersihan lingkungan di sekitar area perkantoran masing-masing, terkecuali untuk kantor KSOP Kep. Seribu, ada beberapa kegiatan padat karya yang dilaksanakan di beberapa pulau diantaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang dan Pulau Kelapa,” ujar Hengki.

Sebagai informasi, kegiatan program padat karya di lingkungan Kementerian Perhubungan termasuk Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan, serta Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang menginstruksikan kepada Unit Penyelenggara Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut agar melaksanakan kegiatan padat karya pada unit kerja masing-masing. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.