Press "Enter" to skip to content

Yuk, Membuat Lilin dari Minyak Jelantah

Media Social Share

TANGERANG, BISNISJAKARTA.ID – Minyak jelantah atau minyak sisa menggoreng tak seharusnya dibuang. Setidaknya itulah yang tengah dikembangkan menusia peduli lingkungan dengan memanfaatkan minyak jelantah untuk membuat lilin.

Adalah Kelompok Kerja Wakaf Sampah Sehati RT 015 Kelurahan Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang siap mengaplikasikan sisa kebutuhan rumah tangga itu lewat pelatihan membuat lilin.

Pemanfaatan bahan daur ulang ini mendapat dukungan dari Dinas Lingkunfan Hidup Kota Tangerang, dimana nantinya secara ekonomis produk limbah rumah tangga ini dapat diproduksi secara massal atau paling tidak tersedianya lilin di rumah warga.

Pelatihan pembuatan lilin dari minyak jelantah ini rencananya diselenggarakan hari Jumat (17/6) pukul 13.30 WIB bertempat di Saung RT 003/015 Paninggilan Utara – Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Ketua RW 015 Paninggilan Utara Kecamatan Ciledug Drs. Martono berharap, masyarakat meluangkan waktunya untuk mengikuti pelatihan. Lilin jelantah yang dapat diproduksi massal itu nantinya dapat juga sebagai sumber aromaterapi di rumah masing-masing.

Cara membuatnyapun tak sulit. Panaskan minyak jelantah, lilin batangan, dan crayon dalam wajan hingga meleleh, lalu matikan kompor. Selanjutnya, siapkan gelas berisi batu-batuan/logam tahan panas sebagai hiasan atau kaleng bekas yang sudah dihias.

Tuangkan adonan minyak jelantah yang sudah tercampur tadi ke dalam gelas atau kaleng dalam kondisi panas, diamkan hingga adonan minyak jelantah hangat, dan terakhir pasang sumbu yang sudah disiapkan. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.