Press "Enter" to skip to content

Penumpang Pesawat Berharap, AP II Buka Layanan Rapid Test Antigen Gratis

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Sejumlah penumpang pesawat berharap operator bandara, seperti Angkasa Pura II membuka layanan test rapid antigen secara gratis guna memastikan penumpang pesawat benar-benar negatif dari Covid-19. “Selain memastikan calon penumpang bebas covid-19, layanan seperti ini sangat membantu penumpang yang akan bepergian,” kata Ny. Hj. Widowati di Jakarta. Sabtu (2/1).

Menurut ibu tiga anak ini, banyak cara untuk meringankan  beban ekonomi masyarakat, karena tidak semua calon penumpang yang akan bepergian adalah orang-orang yang secara ekonomi mampu, tetapi karena faktor keterpaksaan yang membuat mereka menggunakan jasa penerbangan.

Ia menyarankan, AP II bisa juga menggandeng operator penerbangan, misalnya biaya rapid sudah termasuk harga tiket, dan mekanisme ini sudah dijalankan sejumlah flatform penjualan tiket dengan menggandeng klinik-klinik tertentu. “Cuma masalahnya, tidak semua lokasi klinik berada di daerah atau deket dengan kediaman calon penumpang, tetapi kalau ditempatkan di bandara akan sangat strategis, dan penumpang hanya diwajibkan datang lebih awal ke bandara,” paparnya.

Sebelumnya, Bandara Soekarno-Hatta melaksanakan rapid test antigen gratis terhadap 1.000 orang. Rapid dilakukan dengan membagikan voucher kepada 100 orang pekerja bandara dan 900 orang calon penumpang pesawat yang memiliki tiket penerbangan kelas ekonomi khusus keberangkatan 31 Desember.

Director of Operation and Service PT AP II Muhamad Wasid mengatakan semangat dari pelaksanaan rapid test antigen gratis ini adalah sebagai wujud dukungan terhadap pelaksanaan tes Covid-19 sebanyak-banyaknya di Indonesia. “Kami berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat turut mendukung upaya penanganan Covid-19,” jelas Wasid.

Wasid menuturkan kegiatan serupa bisa saja dijalankan di lain kesempatan dan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II lainnya guna mendukung penanganan Covid-19.

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta memiliki tujuh titik Airport Health Center (AHC) dalam mengakomodir kebutuhan rapid test antigen calon penumpang pesawat.

Adapun Airport Health Center di Terminal 1 Bandara Soetta saat ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melakukan tes Covid-19 baik itu rapid test antigen atau PCR test.

Seperti diketahui, rapid test antigen menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi calon penumpang pesawat rute domesti untuk dapat melakukan penerbangan di periode libur Natal dan Tahun Baru 2020/2021. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.