Press "Enter" to skip to content

Rumah, Kebutuhan Kini dan Nanti

Media Social Share

TAK ADA ruginya beli rumah dimanapun, baik itu untuk ditempati maupun nantinya untuk investasi. Mengingat tren harga properti yang selalu meningkat setiap tahun, menunda-nunda niat mencicil rumah, akan mempersulit diri sendiri. Inilah kampanye yang dikumandangkan industri perbankan untuk menggaet kalangan muda alias milenial memiliki properti sejak dini.

Milenial merupakan salah satu kelompok masyarakat terbesar dari total populasi penduduk Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, 25,8% dari total 270,20 juta penduduk Indonesia adalah milenial berusia 24-39 tahun. Sedangkan masyarakat dengan kelompok usia terbanyak adalah Gen Z yang lahir dalam rentang 1997-2002 dengan postur 27,94%.

Salah satu isu yang kerap dikaitkan dengan generasi milenial adalah terkait kepemilikan rumah. Sangat banyak milenial di Indonesia yang punya keinginan memiliki rumah pribadi.

Berbagai survei mencatat sebanyak 77% milenial mengaku memprioritaskan tabungan untuk membeli rumah, dan ada 51% milenial yang mengaku belum memiliki properti sendiri, baik berupa rumah, tanah, apartemen, ataupun yang lain.

Sebanyak 56% dari milenial yang belum punya properti berencana memiliki properti sendiri paling lambat di usia 31 tahun.

Beruntungnya, ada kabar baik dari PT Bank Tabungan Negara (BTN) untuk generasi milenial yang punya mimpi memiliki hunian namun didera kesulitan memperoleh solusi finansial.

BTN mencoba merebut ceruk pasar milenial tersebut dengan menawarkan program bertajuk “KPR Gaeesss!”. Para milenial dipilih menjadi sasaran utama, karena mereka diprediksi akan mendominasi penduduk Indonesia dan sekaligus menjadi penggerak ekonomi nasional.

Sesuai dengan sasarannya, KPR Gaeess! diracik menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakter generasi milenial yang ingin mendapatkan hunian murah, baik rumah tapak dan apartemen secara cepat, mudah dan terjangkau.

KPR Gaeesss memberikan kemudahan, dari awal pengajuan aplikasi KPR atau KPA, dan biaya yang terjangkau untuk uang muka, biaya provisi, dan administrasi.

Keunggulan utamanya, BTN memasukkan biaya proses KPR dalam plafon kredit dan nasabah tidak perlu mengendapkan dananya di rekening, sementara suku bunga kredit yang diberikan hanya 8,25% fixed selama 2 tahun.

Selain itu, Uang Muka atau DP yang dibutuhkan minimal 1% (khusus untuk debitur KPR rumah pertama), BTN juga memberikan diskon biaya provisi maupun administrasi sebesar 50%. Biaya-biaya proses KPR tersebut akan dimasukkan dalam plafon kredit.

Kemudahan yang lain, program KPR Gaeesss dikemas bersama dengan KPR Zero, artinya debitur bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun. KPR Gaeesss juga memberikan pilihan tenor kredit yang panjang yaitu 20 tahun untuk KPA, dan 30 tahun untuk KPR. 

Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, para generasi Y atau milenial yang berminat membeli rumah impiannya hanya disyaratkan masih berusia diantara 21 hingga 30 tahun. BTN sendiri menargetkan KPR Gaeesss bisa membukukan kredit baru sebesar Rp 2,5 triliun.

Bonus Demokrafi

Bonus demografi dari meningkatnya jumlah penduduk usia produktif khususnya kelas menengah menarik semua sektor bisnis, termasuk properti dan perbankan. Peningkatan jumlah penduduk hingga saat ini belum diimbangi dengan pertumbuhan kepemilikan rumah, seperti di Jakarta dengan laju pertumbuhan rumah tangga sebesar 2.31% sementara  pertumbuhan kepemilikan rumah sebesar 2,82%, padahal backlog tahun 2016 saja masih sebesar 1,37 juta unit.

Untuk mengatasi backlog, yang diperlukan tidak hanya subsidi KPR atau uang muka dari Pemerintah, namun juga dukungan seluruh pihak khususnya perbankan menyediakan program KPR yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing generasi.

Generasi milenial ini sangat kritis khususnya dalam melakukan investasi, jadi KPR harus dibuat customize atau tailormade sesuai dengan karakter mereka.

Dengan tambahan program KPR Gaeesss, BTN optimistis bisa membukukan target pertumbuhan kredit tahun ini.

Lahirnya, KPR Gaeess ini diharapkan dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh para milenial sebagai solusi atas kebutuhan kepemilikan rumah yang mudah dan terjangkau. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.