Press "Enter" to skip to content

Permudah Akses Pinjaman, LPDB-KUMKM-Jamkrida Gelar Sosialisasi

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Dalam rangka memudahkan akses pinjaman modal kerja dan/atau investasi untuk koperasi, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar acara sosialisasi bersama Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) seluruh Indonesia. Sosialisasi ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting di Jakarta.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, LPDB-KUMKM terus menjalin kerja sama yang harmonis dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung dalam menyalurkan pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi di seluruh Indonesia, termasuk menggandeng perusahaan penjaminan daerah (Jamkrida).

Hal itu dilakukan, agar gerakan koperasi di seluruh Indonesia termasuk pelaku usaha semakin mudah mendapatkan akses pinjaman atau pembiayaan dari LPDB-KUMKM yang berimbas pada peningkatan realisasi penjaminan dan pembiayaan.

Disamping itu, saat ini para pelaku usaha khususnya koperasi sangat membutuhkan uluran tangan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Baik dukungan dari sisi likuiditas yakni pembiayaan, sisi pendampingan usaha, hingga dari sisi peningkatan kapasitas bisnis. “LPDB-KUMKM terus berupaya mendukung seluruh kegiatan pemulihan ekonomi baik di pusat maupun di daerah, terutama keberlangsungan usaha koperasi dan UMKM (KUMKM). LPDB-KUMKM juga berkomitmen untuk menjadi solusi pembiayaan bagi pelaku usaha khususnya KUMKM melalui prinsip TriSukses LPDB-KUMKM yakni, sukses penyaluran, sukses pemanfaatan, dan sukses pengembalian,” ujar Supomo saat membuka acara Sosialiasi Akses Pinjaman Modal Kerja Dan Investasi untuk Koperasi Melalui LPDB-KUMKM dengan Jamkrida Seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Bisnis LPDB-KUMKM Krisdianto mengatakan, capaian kinerja LPDB-KUMKM sampai dengan semester I (pertama) tahun 2021 telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp994 Miliar kepada 117 mitra.

Krisdianto menambahkan, atas pencapaian tersebut LPDB-KUMKM mengucapkan terima kasih kepada Jamkrida atas komitmennya, dimana sepanjang kerja sama Jamkrida telah memberikan penjaminan atas pembiayaan dari LPDB-KUMKM sebesar Rp984 Miliar dengan total mitra yang dijaminkan sebanyak 84 mitra.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini, LPDB-KUMKM dan Jamkrida terus meningkatkan sinergi sehingga diperlukan akselerasi antar kedua belah pihak khususnya dalam membantu koperasi dalam hal penyaluran pinjaman kepada koperasi untuk modal kerja dan/atau investasi.

Diharapkan, dengan kerja sama yang harmonis antara LPDB-KUMKM dan Jamkrida, serta dilaksanakannya sosialisasi yang berjenjang, maka akan semakin banyak koperasi yang terbantu khususnya dari segi keterbatasan agunan dalam hal penjaminan dari Jamkrida. “Kami optimis dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan output bagi kedua pihak dan secara tidak langsung menyukseskan program Kementerian Koperasi dan UKM yang kebetulan bertepatan dengan Hari Koperasi Indonesia Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2021 kemarin dengan tagline #UntungBarengKoperasi,” pungkas Krisdianto.

Tak hanya itu, Mulyan Pulubuhu  Ketua Asosiasi Penjaminan Daerah (Apenda) yang juga Direktur Utama PT Jamkrida Sulsel menyambut baik dilaksanakannya kegiatan sosialisasi bersama dengan LPDB-KUMKM.

Menurut Mulyan, dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan kerja sama kedua belah pihak semakin sinergi dan berjalan dengan baik. “Saya menyambut baik upaya yang dilakukan oleh LPDB-KUMKM dalam melakukan sosialisasi ini, mengingat masih adanya perbedaan pemahaman serta banyaknya pertanyaan terkait penjaminan pembiayaan calon mitra LPDB-KUMKM dari beberapa Jamkrida di daerah, sehingga diharapkan ke depan kolaborasi antara Jamkrida dengan LPDB-KUMKM ini dapat terus terjalin dengan baik,” ujar Mulyan.

Berdasarkan data LPDB-KUMKM, sejak tahun 2008 hingga tahun 2021, dana bergulir yang telah disalurkan LPDB-KUMKM hingga tanggal 13 Juli 2021 mencapai Rp13,32 triliun. Sedangkan, untuk tahun 2020 lalu, penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM mencapai Rp2,066 triliun atau melebihi yang telah ditargetkan sebesar Rp1,85 triliun yang terserap kepada 52.830 penerima dana bergulir.

Selain itu, LPDB-KUMKM sebagai peranannya dalam menyalurkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) telah berhasil tersalurkan sebanyak Rp1,292 triliun atau sebesar 113,29 persen dengan total penerima sebanyak 84 mitra. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.