Press "Enter" to skip to content

Kemenhub Bangun Dua Kapal Seharga Rp 73,8 Miliar

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. MAKASSAR – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi hadir di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan untuk melakukan peletakan lunas _(Keel laying)_ Ro-Ro 500 GT lintas Kaledupa- Tomia- Binongko, Sulawesi Tenggara serta Peluncuran KMP Takabonerate untuk Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Dirjen menyampaikan ucapan selamat kepada Direksi dan segenap karyawan PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan 1 Unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Lintas Kaledupa – Tomia –Binongko yang pada kesempatan sebelumnya juga dipercaya untuk melaksanakan pembangunan 1 unit Kapal Penyeberangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Kabupaten Selayar KMP. Takabonerate.

KMP Takabonerate ini senilai Rp34,5 Miliar dengan kapasitas penumpang 265 orang dan ABK 18 orang. Spesifikasi KMP Takabonerate ini yaitu panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,70 meter dengan kecepatan dinas 13 knot.

Sementara Kapal Ro-Ro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa- Tomia- Binongko bernilai kontrak Rp39,3 Miliar. Mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK. Dengan spesifikasi panjang seluruh 46,80 meter, lebar 12 meter, tinggi 3,7 meter, dan kecepatan dinas 13 knot.

Sementara itu menyambut pernyataan Dirjen Budi, Diana Rosa selaku Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia menyatakan, “Sebuah kebanggaan bagi PT IKI untuk diberi kepercayaan membangun 1 unit kapal Ro-Ro 500 GT KMP Takabonerate untuk Kepulauan Selayar. Meski sempat mengalami hambatan, namun dengan perjuangan gigih dan kepercayaan kembali kami dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan teamwork yang solid. Tepat 23 Desember 2020 kita akan delivery kapal ini sehingga sesuai target. Kepercayaan berikutnya yang tak kalah membanggakannya yaitu kami akan membangun 1 kapal lagi yaitu Wakatobi,” katanya.

Hadir juga dalam acara tersebut yaitu Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Anggota DPR RI Komisi V, Andi Iwan Darmawan Aras, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Marwanto Heru Santoso, Kapolda Sulawesi Selatan, Walikota Makassar, serta Bupati Kepulauan Selayar. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.