Press "Enter" to skip to content

Gulirkan Program Tepat Peduli, BTPN Syariah Gandeng DMC Dompet Dhuafa

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah menggandeng Disaster Management Center(DMC) Dompet Dhuafa menggelar Program Tepat Peduli Komunitas Nasabah BTPN Syariah. Program yang dilaksanakan dalam rangka merayakan ulang tahun BTPN ke-5 itu menyasar masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

Sejauh ini, sudah 329 titik sebaran dilaksanakan selama kurun waktu sembilan bulan, dimulai dari November 2019 sampai Juli 2020. Adapun program yang dibangun diantaranya pembuatan MCK yang tersebar di 124 titik. Area pembangunan tersebar dihampir seluruh wilayah Indonesia.

Selanjutnya yaitu program pengadaan sarana air bersih yang tersebar di 84 titik, dimana program tersebut fokus pada masyarakat yang tinggal di kawasan tambang minyak maupun kawasan yang sulit mendapatkan air bersih seperti pinggiran Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera, Makassar, Kendari, Yoyakarta, Kalimantan.

Program selanjutnya yaitu pengadaan Hidropik, yang mana program tersebut bertujuan mengajak masyarakat bercocok tanam palawija dengan memanfaatkan lingkungan sekitar rumah.

Program ini diharapkan bisa meminimalisir pengeluaran rumah tangga. Program menyasar 15 titik di Indonesia seperti Sumatera, Jawa Tengah, Bali dan Kalimantan.

Tanaman Hidroponik

Lena Yuliana, salah satu penerima manfaat mengucapkan terima kasih kepada BTPN Syariah yang telah memberikan media tanaman hidroponik berikut pelatihannya. Atas kegiatan tersebut, masyarakat terinspirasi untuk dapat bercocok tanam tanpa memiliki lahan yang luas.

Program selanjutnya adalah tempat pengolahan sampah yang dibangun sebanyak 14 titik, yaitu di wilayah Jawa Barat, Solo, Yogyakarta, Sumatera, Kendari, Kalimantan, Lombok dan Bali. “Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya. Sehingga mempermudah proses daur ulang sampah plastik. Semoga dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat menjadi rajin dan terus berinovasi membuat barang-barang yang bernilai ekonomis,” ujar Rahmat, salah satu penerima manfaat dari Lombok.

Selain itu, ada beberapa Program pembangunan atau renovasi Posyandu yang berlangsung di 47 titik. Program bangunan baru seperti pembuatan bank sampah, PPQ, pos ronda, gapura dan pembangunan perpustakaan tersebar di delapan titik.

Salah satu penerima manfaat renovasi perpustakaan atas nama Sugiarti, selaku Kasie Permas, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegal, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. “Terima kasih banyak karena ini merupakan mimpi mereka selama tiga tahun terakhir. Alhamdulillah bisa terwujud atas bantuan dari BTPN Syariah,” kta Sugiarti.

Bantuan Perahu

Terakhir, Program yang dilaksanakan yaitu pembuatan perahu di 10 titik yang tersebar di Indonesia. Menurut Yuliana, S.Sos, selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima. “Harapan dari bantuan perahu dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat pesisir, khususnya nelayan. Selain itu, dapat berkontribusi untuk kemajuan parawisata di Indonesia. Terima kasih kepada BTPN Syariah atas bantuan yang telah diberikan kepada para nelawan setempat,” kata Yuliana.

Sementara itu, Abdul Azis, selaku penanggung jawab program dan koordinator lapangan dari DMC Dompet Dhuafa, menyampaikan harapannya bahwa dengan terlaksananya berbagai program tersebut, dapat terasa manfaatnya secara luas oleh masyarakat Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan dari BTPN Syariah akan kolaborasi dengan DMC Dompet Dhuafa di beragam program. Semoga terus terjalin di program-program kebaikan selanjutnya.

Harmoni kerja sama dengan BTPN Syariah juga merambah wilayah bencana, seperti pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) di Masamba, Sulawesi Selatan, pasca bencana banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut. MCK tersebut diharapkan dapat membantu penyintas dalam memenuhi kebutuhan sanitasi air bersih dan membentuk pola hidup bersih dan sehat di lingkungan tersebut. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.