Press "Enter" to skip to content

Asuransi Tripakarta Bayar Klaim Senilai Rp 802 Juta

Media Social Share

CIANJUR, BISNISJAKARTA.ID – PT Asuransi Tripakarta menunaikan kewajiban penyerahan klaim asuransi kepada nasabahnya, akibat terbakarnya sebuah bus jurusan Merak – Jakarta, 9 Desember 2020 lalu.  Pembayaran klaim asuransi senilai Rp 802.000.000.00 (delapan ratus dua juta rupiah) tersebut diserahkan langsung Kepala Cabang Asuransi Tripakarta Bandung kepada nasabah Haji Asep, yang juga pemiliki perusahaan bus Fiqri Famili Sejahtera di Cianjur, Jawa Barat, Senin (24/5).

Peristiwa terbakarnya bus terjadi saat bus melaju dari Merak menuju Jakarta, diduga akibat konsleting listrik dibagian AC (air conditioner) di belakang bus. Konsleting tersebut menyebabkan munculnya kobaran api yang dengan cepat melahap hampir seluruh bagian kabin.

Kejadian naas itu mengakibatkan PT Fiqri Famili Sejahtera, sebagai operator bus mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menurut Direktur Utama Asuransi Tripakarta, Agung Abadi, kerjasama dengan Asuransi Tripakarta dengan BNI Cabang Cianjur, kerugian akibat terbakarnya bus tersebut dapat diatasi karena perusahaan bus Fiqri Family Sejahtera telah mengasuransikan kendaraanya di Asuransi Tripakarta. “Kami berkomitmen dalam memberikan yang terbaik dan mendukung kegiatan usaha nasabah, sehingga kerugian bisa kami bayarkan,” ujar Agung.

PT Fiqri Famili Sejahtera merupakan salah satu dari sekian ribu nasabah TRIPA yang mengasuransikan asset usahanya. PT Asuransi Tripakarta sendiri adalah Perusahaan Asuransi Umum yang telah berdiri sejak 1978 yang mengartikan bahwa hampir setengah abad TRIPA telah hadir melindungi dan menjaga Asset para nasabahnya.

Bukan hanya itu, TRIPA memiliki jaringan kantor cabang yang tersebar dibeberapa kota besar di wilayah Indonesia yaitu sebanyak 17 Kantor Cabang dan 34 Kantor Perwakilan dengan jumlah pegawai sebanyak 451 orang, menyediakan berbagai produk asuransi umum seperti asuransi kebakaran, asuransi kendaraan bermotor, asuransi gempa bumi, asuransi rekayasa serta produk – produk asuransi lainnya. Hal ini agar TRIPA lebih mudah dijangkau dan dekat dalam melayani setiap tertanggungnya.

Dukungan Teknologi seperti menghadirkan aplikasi yang user-friendlyberbasis android dan IOS yang diberinama TRIPA Smart untuk menjawab kebutuhan para nasabah agar dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Dikutip dari Survei Nasional Literasi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 bahwa literasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah.

Asuransi masih dianggap sebuah kebutuhan non-primer padahal kenyataannya bahwa asuransi membantu untuk merecovery perekonomian di Indonesia.

Sejumlah produk asuransi kerugian diciptakan karena melihat adanya potensi risiko yang dapat menimbulkan kerugian. Salah satu diantaranya adalah asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi ini adalah sebuah asuransi yang menjamin kerugian, kerusakan dan kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang menimpa objek pertanggungan. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.