Press "Enter" to skip to content

2.600 UMKM Kepulauan Seribu Didorong Manfaatkan Aplikasi Digital

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Memanfaatkan hasil produksi dan olahan di daerahnya, UMKM lokal didampingi untuk berekspansi ke luar daerah dengan mengoptimalkan aplikasi-aplikasi digital. Berkembang pesatnya teknologi digital, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku UMKM.

Peluang ini bisa terwujud ketika para pelaku UMKM mampu memanfaatkan fitur-fitur yang ada di media sosial dan aplikasi penunjang toko-toko onlinesehingga proses bisnisnya menjadi lebih efektif dan efisien. Sebut saja aplikasi media sosial, aplikasi agregator, aplikasi kasir, aplikasi pembukuan, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan Active Sellingyang diselenggarakan dari bulan Juli hingga Desember 2021, Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo RI memfasilitasi 2.600 UMKM di sektor produksi dan pengolahan yang berlokasi di Kepulauan Seribu dan sekitarnya, didampingi dalam manfaatkan tekologi digital.

Pendampingan ini berupa training-training pemanfaatan aplikasi-aplikasi digital. Fasilitator yang bertugas siap untuk melakukan pendampingan baik secara online maupun offline.

Untuk memudahkan pendampingan secara online, Kemenkominfo memberikan paket data kepada UMKM. Namun bagi mereka yang sibuk, fasilitator akan datang ke lokasi bisnis.

Memiliki Destinasi Wisata Kepulauan Seribu yang sedang diprioritaskan, Jakarta juga punya berbagai hasil produksi dan olahan UMKM. Sebut saja cindera mata dan makanan khas. Produk-produk ini dapat dipasarkan ke luar dengan cara-cara online. “Dengan menjual produk-produk khas lokal, maka UMKM masing-masing daerah memiliki differensiasi produk. Jika dimaksimalkan dengan pemanfaatan aplikasi digital, produk-produk UMKM ini dapat berbicara di kancah nasional, bahkan internasional,” tutur I Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital, Kementerian Kominfo RI.

Kegiatan Active Sellingjuga didukung dengan publikasi untuk meningkatkan Awarenessmasyarakat melalui radio-radio yang menjangkau hingga ke pelosok daerah, mengajak para pelaku UMKM untuk memaksimalkan kesempatan mengembangkan usahanya dengan mengoptimalkan penggunakan aplikasi digital.Awareness ini juga ditujukan kepada stakeholdersterkait, agar dapat bersinergi dalam mendorong perkembangan UMKM di daerahnya.

Bersamaan dengan adanya Kegiatan Pendampingan, Kominfo RI juga melaksanakan survei terhadap 3.700 UMKM secara onlinedan offline.Survei ini bertujuan untuk memperbaharui data terkait adopsi teknologi digital oleh UMKM, yang dapat digunakan sebagai dasar bagi pelaksanaan program berikutnya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.