Press "Enter" to skip to content

UMKM Pariwisata Harus Manfaatkan Platform Digital

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Google Indonesia mendorong dan melatih

UMKM pariwisata dalam Gapura Digital Wonderful Indonesia agar memanfaatkan platform digital untuk usahanya.

Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) dalam memajukan bisnis melalui platform digital agar dapat menentukan target bisnis dan sasaran yang tepat di masa pandemi COVID-19.

Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Regional II, yang mewakili Direktur PSDM Pariwisata, Reza Rahmana Kaloka, dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan online UMKM pariwisata yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Google Meet, Rabu (23/09/2020), menjelaskan, Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia diharapkan akan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang digitalisasi usaha untuk para peserta.

Reza berharap Pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia mampu meningkatkan kompetensi pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendorong kebangkitan ekonomi pascapandemi.

Sementara itu, Head of Public Affairs Asia Tenggara, Google, Ryan Rahardjo, mengungkapkan Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia secara keseluruhan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya dengan memberikan akses pelatihan digital secara gratis untuk para pelaku UMKM.

Terdapat 240 peserta terpilih, baik pelaku UMKM maupun pelajar, yang mengikuti program pelatihan online UMKM pariwisata Gapura Digital Wonderful Indonesia. Program ini akan dibagi menjadi 6 sesi kelas online pada periode waktu 23 September – 5 November 2020.

Dalam program pelatihan online UMKM pariwisata tersebut, para peserta akan mempelajari lima modul khusus bisnis pariwisata dari para fasilitator Gapura Digital yang berpengalaman, di antaranya membangun bisnis pariwisata online, membangun keberadaan online dan meningkatkan efisiensi bisnis, pemasaran digital untuk industri pariwisata, meningkatkan pemasaran digital dengan iklan dan analitik, dan pentingnya strategi rekrutmen di masa COVID-19.

Lebih lanjut, Ryan berharap pelatihan Gapura Digital untuk Wonderful Indonesia ini dapat membantu pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif agar bertransformasi ke digital secara cepat, memahami tren digital yang terus berkembang, dan memanfaatkan teknologi digital untuk menangkap peluang ekonomi dalam menghadapi situasi COVID-19. “Kami berharap setelah selesai ikuti pelatihan ini bisnis UMKM terus meningkat. Dan pastinya terhubung dengan keuntungan yang lebih mudah dan bekerja yang lebih efisien,” ujar Ryan. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.