Press "Enter" to skip to content

Saatnya Digitalisasi Musik di Tengah Pandemi Covid-19

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong digitalisasi musik di Indonesia agar dapat semakin terakselerasi untuk merespon imbas pandemi Covid-19.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Muhammad Neil El Hilman, dalam Bimtek Digitalisasi Musik yang bertajuk ‘Fenomena Digitalisasi Musik’, Rabu (7/10) menjelaskan pandemi COVID-19 membuat pelaku ekonomi kreatif  di bidang musik semakin melek terhadap dunia digital yang di dalamnya terdapat digitalisasi musik.

Neil menyebut dalam era digitalisasi, para musisi pun memiliki potensi untuk tetap berkembang dan produktif untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini dapat membuat industri musik di Indonesia semakin berdaya saing di kancah industri musik dunia.

Lebih lanjut, Neil menyebut bahwa meski digitalisasi dapat mempermudah para pelaku industri musik maupun para penikmatnya, bukan berarti digitalisasi tidak memiliki hambatan. Salah satu hambatan yang sering terjadi adalah masalah jaringan. Di Indonesia belum semua daerah terakses jaringan internet hingga masalah legalitas karya yang masuk dalam dunia digital.

Sementara itu, Praktisi Musik Donny Hardono, mengaku telah merasakan manfaat yang besar dari digitalisasi musik. Pasalnya, digitalisasi musik dapat mengantarkannya untuk membuat karya besar di tengah pandemi COVID-19, yaitu dengan menggelar konser virtual yang diberi nama ‘Konser Tujuh Ruang’.

Donny menjelaskan, pelaku industri musik tidak ada salahnya belajar dan mendalami dunia digital. Sebab, digitalisasi dapat memunculkan peluang yang dapat mendorong perekonomian Indonesia.

Pengamat Musik, Buddy Ace, menjelaskan bahwa era digitalisasi akan membawa industri musik Indonesia semakin bisa bersaing secara global dengan berbagai negara, seperti Amerika, Inggris Raya, Korea, Jepang, hingga China. “Apalagi Indonesia punya keragaman budaya dan masyarakat penikmat musiknya berlatar dari budaya yang begitu luas sehingga dapat menjadi kekuatan tersendiri dalam bersaing di pasar global,” ujar Buddy. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.