Press "Enter" to skip to content

Perlu Inovasi Agar Pembelajaran Masa Pandemi Efektif

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. JAKARTA – Direktur Sekolah Menengah Pertama (SMP) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Mulyatsah mengatakan perlu inovasi agar pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 berjalan efektif. “Kemendikbud mengapresiasi upaya bersama dalam memajukan pendidikan karena tiga pilar pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat,” ujar Mulyatsah dalam sambutannya pada awarding lomba pembelajaran kreatif dan kolaboratif siswa di Jakarta, Kamis (17/9).

Dia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA MDR) tersebut. Sinergi komponen masyarakat, lanjut dia, akan membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Pandemi COVID-19, lanjut dia, telah mengubah kebijakan pendidikan yang mana harus dilakukan relaksasi pembukaan sekolah pada zona hijau dan kuning. “Untuk zona merah dan oranye yang masih terdampak COVID-19 dilakukan pembelajaran jarak jauh. Banyak sekali persoalan yang dihadapi dengan metode itu mulai dari demografi, kemampuan guru, internet, dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan inovasi agar pembelajaran menjadi efektif, ” tambah dia.

Dalam pembelajaran, guru harus dapat menjadi teladan, kreatif, kolaboratif, mampu berkomunikasi baik dengan siswa. “Persoalan pendidikan bisa kita atasi bersama dengan kerja sama banyak pihak, ” kata dia.

PT Astra International Tbk melalui YPA-MDR pertama kalinya memberikan apresiasi kepada para guru dalam ajang Kompetisi berskala nasional yaitu Lomba Pembelajaran Kreatif dan Kolaboratif Guru-Siwa yang telah berinovasi dalam melalukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). (son)

Mission News Theme by Compete Themes.