Press "Enter" to skip to content

Pemerintah Targetkan, 30 Juta UMKM Terhubung Platform Digital

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM, Eddy Satriya mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen untuk mempercepat akselerasi onboarding digital bagi UMKM. “Pemerintah menargetkan setidaknya sebanyak 30 juta UMKM bergabung pada platform digital sampai dengan tahun 2024,” kata Eddy Satriya dalam acara Pembukaan Program Pelatihan dan Onboarding Usaha Mikro, Kamis (12/8). 

Hal ini tentunya tidak mudah, menurut Eddy, tantangan yang dihadapi UMKM terutama terkait kesiapan baik dari sisi produk maupun SDM. Selain itu upaya untuk meningkatkan literasi manfaat masuk ke ekositem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu dilakukan secara intensif.

Untuk mewujudkan hal-hal tersebut, Eddy mengatakan, tentunya diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholders. “Kami mengapresiasi Gojek yang secara konsisten mendukung UMKM tumbuh. Bertepatan Hari UMKM Nasional, KemenkopUKM bersama Gojek mencanangkan berbagai dukungan untuk membangkitkan kembali sektor UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Gojek merupakan salah satu mitra Kementerian Koperasi dan UKM dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui edukasi dan pelatihan digital bagi UMKM, termasuk dengan platform digital lainnya,” ujar Eddy Satriya.

Eddy menambahkan, dukungan digitalisasi dan peningkatan kapasitas ini menjadi kelanjutan dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KemenkopUKM dengan Gojek yang telah diresmikan pada bulan Mei tahun 2021. “Kami berharap, upaya bersama ini mampu mendukung target digitalisasi 30 juta UMKM hingga tahun 2024 yang saat ini berjumlah 13 juta UMKM sudah bergabung ke ranah digital,” jelas Eddy Satriya. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.