Press "Enter" to skip to content

Gelaran MotoGP Mandalika Momentum Bangkitkan Ekonomi

Media Social Share

JAKARTA, BISNISJAKARTA.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya untuk memanfaatkan momentum pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 sebagai ajang untuk membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Dalam Weekly Press Briefing yang digelar secara daring di Jakarta Pusat, Selasa (1/3) Sandiaga mengungkapkan penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 bisa memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak hanya di Lombok saja. Namun juga di daerah sekitar Lombok seperti Bali dan NTT. “Mari kita gunakan MotoGP ini sebagai momentum (kebangkitan ekonomi) kita. Karena selain Lombok, Bali juga akan mendapat dampak positif dan seperti yang kita sudah ketahui masyarakat dari beberapa kota seperti Surabaya, Makassar, dan juga Bandung memiliki minat yang besar untuk menyaksikan event bersejarah ini,” kata Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, meskipun target penjualan tiket sudah diturunkan oleh Presiden Joko Widodo dari 100 ribu penonton menjadi 60 ribu penonton karena pertimbangan pelaksanaan PPKM di sejumlah daerah di Indonesia, namun angka keterisian hunian di kawasan Mandalika dan sekitarnya telah mencapai angka 9.855 unit dari 17.833 kamar yang tersedia. “(Pemerintah Daerah) NTB rencananya akan menjalin kerja sama dengan daerah lain karena angka ini sudah melewati angka 50 persen dari  kamar yang tersedia,” katanya.

Terkait tiket pesawat, Sandiaga mengatakan, dari 70 ribu tiket pesawat yang disediakan untuk calon penonton MotoGP, sudah terjual sekitar 15 ribu tiket. “Ini diharapkan akan terus meningkat seiring dengan kepastian tersedianya akomodasi dan transportasi dengan harga yang terjangkau,” kata Sandiaga.

Selain itu, untuk menunjang dan mempromosikan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 yang tinggal 16 hari lagi, Sandiaga mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah side events. Di antaranya “Touring Road To MotoGP 2022” yang berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), “Touring Mandalika Wonderful Ride”. “Ini harapannya untuk showcasing etalase produk-produk ekonomi kreatif dan kegiatan pendukung SDM parekraf juga terus kita lakukan dengan kerja sama lintas pentahelix. Selain itu dengan pelaksanaan event-event ini diharapkan bisa menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita dan membuka lapangan kerja,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan serupa, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mengatur alur transportasi darat di sekitar Sirkuit Mandalika pada pelaksanaan MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022. “Karena tidak semua mobil bisa masuk ke kawasan ITDC, jadi mari sama-sama kita sukseskan event yang akan datang di kemudian hari,” kata Rizki.

Sementara sehubungan dengan karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), dikatakan Sandiaga, bahwa pada 14 Maret 2022 rencananya akan dilaksanakan perjalanan tanpa karantina bagi PPLN di Bali dan Batam/Bintan. “Ini tentunya akan kita persiapkan sebaik-baiknya dan harapannya jika hasilnya baik ini bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia pada 1 April 2022,” ujar Sandiaga. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.