Press "Enter" to skip to content

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Carakami

Media Social Share

CARAKAMI demikian sebutlah nama komunitas tersebut, menurut salah seorang aktivis  komunitas tersebut, Lia BSE. Carakami adalah sebuah komunitas yang bergerak dibidang SOSIAl, dan PENDIDIKAN serta Lingkungan Hidup. Caraka sendiri artinya Duta atau Utusan, memberi kebaikan untuk Indonesia.

“Ini bermula dari komunitas, lama kelamaan aktivitasnya bertambah bahkan melebar ke wilayah lain. Dimana kami mengadakan beberapa kegiatan berbagi untuk anak yatim, masyarakat dan anak prasejahtera,” ungkap Lia.

Beberapa kegiatan itu antara lain melakukan pembelajaran untuk sejumlah siswa antara lain di Labuhan Bajo NTT. Pembelajaran di rumah singgah tersebut mencakup aspek akademis dan non akademis, seperti pembelajaran materi-materi belajar di sekolah pada umumnya maupun pembelajaran di bidang keterampilan individual untuk mengasah skill mereka.

Adapun visi utamanya mewujudkan generasi anak-anak dimanapun  berakhlak mulia, cerdas, mandiri dan berkarakter menuju masyarakat yang berkualitas.

Ini untuk mendorong dan menciptakan dan membangun pendidikan yang berpondasi pada IMTAQ dan IPTEK. Sekaligus membina dan mengembangkan bakat dan potensi generasi muda Indonesia.

Sejumlah kegiatan yang pernah digelar antara lain Program Gerakan Indonesia membaca kerjasama dengan Perpusnas, Program Ke-3 Pulau di NTT area dekat Pulau Komodo yang merupakan kerjasama dengan  WWF & Unicef, serta Kepala Bandara Komodo Labuhan Bajo dan Hotel Jayakarta.

Aktivitas lain, mengadakan program di Anyer Banten dengan  2 Desa Nelayan & SDN Anak Nelayan kerjasama  dengan Hotel Aston & ICA & PHRI Anyer Hotel Jayakarta. Kemudian membuat kegiatan  Edukasi atau Philantrophy Tujuan Utama Melatih Anak kita belajar Pengabdian – jangan hanya money oriented.

Beberapa kegiatan lain yaitu bagi buku ke Taman Baca mulai dari Banyuwangi – Jakarta dimana buku merupakan donasi dari Asian Development Bank serta kerjasama dengan pensiunan Pustakawati.

Kegiatan lain,  lima kali bantu Paket buku tulis & ATK Yayasan Binus jumlah 150 pax per kegiatan, dimana buku disupport dari Gunung Agung serta juga support Yayasan Tzu Chi.

Menurut Lia BSE, selain dia, sejumlah rekan dan kerabat yang ikut aktif serta support antara lain sejumlah saudaranya, Tati (sepupu), Tjik (sepupu), Clara teman Bina Nusantara, Feli (Carakami), Nafisah Abdat, JA Barata (Kementerian Perhubungan), Puguh ( Kementerian Perhubungan), ditambah sejumlah orang tua putrinya masih kuliah di SMP dan SMA Bina Nusantara yakni Mama Carolina, Sandra dan Linda. Lalu ada orang yang support dari Yayasan Bina Nusantara Irvan dan Ibu Andini.

Seperti air yang selalu mengalir yang selalu membersihkan kotoran. Berangkat dari filosofi itu mereka mengadakan kegiatan bakti sosial dengan harapan dapat membantu mereka yang membutuhkan.

Merupakan panggilan hati untuk menolong sesama saudara, selagi mampu. Selagi bisa. “Ia yang berhenti melakukan lebih baik maka berhenti menjadi lebih baik” (Oliver Cromwell Is there any reward for good other than good?” (Q.S Ar-Rahman:60)

Tiada balasan untuk kebaikan selain kebaikan pula. Semoga komunitas ini bermanfaat. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.