Press "Enter" to skip to content

Mushollah Al Mujtahidin, Sang Legenda Menunggu Hibah

Media Social Share

USIANYA sudah lebih dari dua abad. Tak tercatat siapa yang mendirikannya. Selama ini nyaris tak tersentuh renovasi. Keterbatasan dana dan kemiskinan jemaah adalah penyebab Langgar atau Mushollah Al Mujtahidin yang berada di Kelurahan Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatra Selatan ini dibiarkan lapuk dimakan usia.

Meski begitu, usia tuanya tak mengurangi semangat dan ritual warga untuk melaksnakan sholat berjamaah lima waktu, dan menggelar acara hari-hari besar Islam, meski muncul kekhawatiran dari para jemaah akan kejatuhan plafon atau kemungkinan roboh.

Namun belakangan kekhawatiran mulai dirasakan para jemaah, bahkan ‘ketakutan’ jemaah sejak pulahan tahun lalu itu cukup beralasan, karena beberapa bagian bangunan yang terbuat dari kayu dan papan itu sudah terlihat lapuk disana-sini.

Pilar-pilar dan rangka jendela sudah keropos dimakan rayap, daun pintu nyaris semuanya tak bisa lagi tertutup rapat, karena posisi bangunan sudah tak normal, sedangkan plafon terlihat di beberapa bagian sudah melompong, karena dimakan rayap ataupun sudah lapuk.

Perayaan Idul Fitri 2019/1440 H lalu adalah momentum sejumlah jamaah mengutarakan niat mereka untuk segera mencarikan solusi.

Kas Mushollah hanya beberapa juta saja. Dengan dana sebesar itu, apa yang bisa diperbuat ?. Pada akhir pertemuan disepakati bahwa Mushollah harus dibangun dari awal dengan konstruksi beton agar lebih layak, bertahan lebih lama, tentu juga mengedepankan artistik dari sebuah Mushollah.

Tahap awal, lahan wakaf dari wanda H. Zuber yang letaknya persisi di belakang Mushollah adalah lokasi yang akan dijadikan lahan bangunan Mushollah. Dengan posisi bangunan nantinya dimundurkan hingga 5 meter ke belakang, berharap tersedia tempat parkir kendaraan jemaah atau menjadi tempat sholat berjemaah ketika momentum hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Semoga uluran tangan dari donatur dapat mewujudkan niat warga memiliki tempat ibadah yang lebih refresentatif, agar keberlangsungan beribadah atau berbagai aktivitas syiar Islam lainnya dapat terus terjaga.

Donasi dapat disalurkan melalui : BRI Unit Muara Rupit, Nomor Rekening : 5679.01.026802.53.3 – Atas Nama : Musholah Al Mujtahidin.

Terima kasih atas donasi Bapak/Ibu/Sdra. Hanya Allah SWT yang bisa membalas kebaikan Bapak/Ibu/Sdra sekalian. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.