Press "Enter" to skip to content

Nelayan Tangerang Terima Bantuan Alat Keselamatan Pelayaran

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. TANGERANG – Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran Tahun 2020 di Pelabuhan Cituis Tangerang, Banten, Kamis (27/8).

Sosialisasi ini merupakan bentuk nyata pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat KPLP dalam melakukan pembinaan  dan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan dan lingkungan maritim.

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat  Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan keselamatan dan keamanan bagi semua kapal yang akan berlayar. “Semua kapal baik kapal berkapasitas besar yang digunakan untuk pelayaran niaga, maupun  kapal-kapal kecil atau kapal tradisional yang menjadi alat transportasi masyarakat seperti kapal yang beroperasi di Pelabuhan Cituis melalui sosialisasi dihimbau dan diingatkan utk  memenuhi pesyaratan  perlengkapan keselamatan kapal sebelum melakukan pelayaran,” kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Panati yang diwakili Kasubdit Sarana dan Prasarana, Zulistian di Pelabuhan Cituis Tangerang Banten.

Menurut Zulistian, pada kesempatan kali ini yang menjadi sasaran sosialisasi keselamatan pelayaran adalah masyarakat pengguna kapal tradisional dan para nelayan. Dalam Sosialisasi ini Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai memberikan bantuan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat maritim dan para nelayan di sekitar Pelabuhan Cituis Tangerang berupa alat keselamatan kapal  dan alat kesehatan guna memenuhi protokol kesehatan covid-19.

 Zulistian juga mengatakan tujuan penyelenggaraan sosialisasi keselamatan pelayaran kali ini, selain untuk mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat agar menjadikan keselamatan pelayaran menjadi kebutuhan, juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjalani kegiatan sehari-hari sesuai adaptasi kebiasaan baru berdasarkan protokol kesehatan covid-19 yakni dengan selalu memakai masker, menjaga jarak atau sosial distancing serta sering mencuci tangan dengan sabun dan membilas dengan yang air mengalir.

Zulistian berharap sosialisasi keselamatan pelayaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pehubungan Laut secara terus menerus ini dapat memberikan nilai positif dengan cara meningkatkan kesadaran dan menanamkan budaya pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran pada masyarakat pengguna jasa serta operator jasa transportasi pelayaran rakyat dan nelayan. 

Sebagai informasi ikut menyaksikan pada kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq Direktorat Kesatuan  Penjagaan Laut dan Pantai di Pelabuhan Cituis Tangerang, antara lain adalah Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Kepulauan Seribu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Karangantu, perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta  dan Kepala Pos TNI AL wilayah Kerja Pelabuhan Cituis serta para Pengusaha Pelayaran Rakyat dan Nelayan di Pelabuhan Cituis. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.