Press "Enter" to skip to content

Begini Antisipasi Kemenhub Terhadap Pencemaran Selat Sunda dan Lombok

Media Social Share

BISNISJAKARTA.ID. BALI – Pasca diberlakukannya Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok secara resmi pada 1 Juli 2020, Kementerian Perhubungan terus berupaya untuk memastikan TSS tersebut dapat diimplementasikan dengan baik, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia terkait.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Ahmad beranggapan, pelaksanaan TSS di lapangan tidaklah mudah dan penuh dengan tantangan. Hal ini dikarenakan kapal-kapal yang semula berlayar secara bebas di wilayah tersebut kini diharuskan mengikuti suatu jalur yang sudah ditentukan.

Risiko kecelakaan maupun tubrukan kapal dapat terjadi sewaktu-waktu dan hal tersebut dapat berujung pada tumpahan minyak dan kerusakan lingkungan laut. “Untuk itulah kita perlu mempersiapkan personil yang cakap dalam rangka antisipasi penanggulangan pencemaran khususnya tumpahan minyak di perairan,” ungkap Ahmad.

Ahmad yang berbicara pada pembukaan kegiatan Pembekalan Personil Penanggulangan Pencemaran Tingkat Operator yang digelar di Bali menyatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena semua kegiatan di perairan, baik laut maupun sungai, yang meliputi kegiatan pelayaran, kegiatan pengusahaan minyak dan gas bumi, serta kegiatan lainnya memiliki risiko terjadinya musibah yang berpotensi mengakibatkan terjadinya tumpahan minyak yang dapat mencemarkan dan/atau merusak lingkungan perairan. “Dan untuk menindaklanjuti terjadinya musibah tumpahan minyak di perairan, tentunya diperlukan suatu sistem tindakan penanggulangan yang cepat, tepat, dan terkoordinasi,” tukas Ahmad.

Sementara, Kasubdit Penganggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah menyampaikan, kegiatan ini diikuti 30 peserta dan diselenggarakan selama dua hari, 18 – 19 Agustus 2020.

Adapun materi pelatihan disampaikan oleh para narasumber dari Direktorat KPLP, Pertamina Corporate University dan para praktisi di bidang penanggulangan pencemaran. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.