Press "Enter" to skip to content

#Safe Travel Campaign (3), Percepat Proses Bangkitnya Sektor Aviasi

Media Social Share

KAMPANYE Save Travel Campaign diyakini akan mendorong dan mempercepat pertumbuhan peningkatan trafik penerbangan sejak diterapkan masa adaptasi kebiasaan baru. “Peningkatan trafik sejak dua bulan terakhir sejak diterapkan masa adaptasi kebiasaan baru semakin memupuk keyakinan dan optimisme bahwa sektor aviasi akan bangkit,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura Faik Fahmi saat diskusi pada presstour Save Travel Campaign di Bandara Ngurah Rai – Bali.

Oleh karena itu, kata Faik, untuk mempercepat proses bangkit sektor aviasi, berbagai upaya terus dilakukan para pemangku kepentingan sektor aviasi untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat sehingga tidak ragu melakukan perjalanan udara.

Dalam meningkatkan kepercayaan diri masyarakat menggunakan transportasi udara dan mendorong pertumbuhan trafik penumpang, Angkasa Pura I telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandaranya.

Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru. Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I.

Dan dalam upaya mendorong perjalanan wistawan, PT. Angkasa Pura I tetap menjaga dengan ketat protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Dan dari hal membuahkan hasil dengan mulai meningkatnya jumlah pertumbuhan trafik penumpang pada Juli 2020 sebesar 110% dibanding Juni 2020.

Pada Juli lalu trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 1.363.912 orang, jauh lebih tinggi dibanding Juni yang hanya mencapai 648.567 orang.

Peningkatan juga terjadi pada trafik pesawat di mana Juli ini mencapai 21.954 pergerakan, tumbuh 57,4% dibanding trafik pesawat pada Juni yang hanya mencapai 13.942 pergerakan. Begitu juga dengan trafik kargo pada Juli yang tumbuh 19,1% dari 30.558.928 kg pada Juni menjadi 36.407.584 kg pada Juli.

“Peningkatan trafik sejak dua bulan terakhir sejak diterapkan masa adaptasi kebiasaan baru semakin memupuk keyakinan dan optimisme bahwa sektor aviasi akan bangkit. Oleh karena itu, untuk mempercepat proses bangkit sektor aviasi, berbagai upaya terus dilakukan para pemangku kepentingan sektor aviasi untuk meningkatkan kepercayaan diri masyarakat sehingga tidak ragu melakukan perjalanan udara,” katanya.

Sementara Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menilai, Safe Travel Campaign ini sangat bagus sebab bertujuan mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi new normal, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveler untuk bepergian dengan pesawat. Guna mencapai tujuan-tujuan tersebut, protokol kesehatan di bandara AP II fokus pada 5 inisiatif.

Kelima Inisiatif itu adalah Physical Distancing, Health Screening, Touchless Processing, Fasility Cleanliness & Sanitizing, dan People Protection. Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik.

“Melalui protokol kesehatan, diikuti dengan kolaborasi erat stakeholder, serta tersedianya berbagai fasilitas teknologi digital, hingga tersebarnya fasilitas yang mendukung aspek kesehatan di bandara, kami ingin memastikan perjalanan dengan pesawat itu mudah, praktis, nyaman dengan tetap aman, di tengah status pandemi agar stabilitas perekonomian tetap berlangsung baik,” katanya.

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan Safe Travel Campaign yang dicanangkan hari ini merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan dari regulator menyusul kemudahan regulasi yang telah diberikan. Dan perlu berbagai aksi nyata dalam penegakan protokol kesehatan dan kesadaran tinggi terhadap aspek keselamatan. (son)

Mission News Theme by Compete Themes.